Muhamad Hafidzar Hanafiah, 155060024 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DAN HASIL BELAJAR SISWA (Kuasi Eksperimen di kelas V SDN 024 Coblong Kota Bandung Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER SKRIPSI .pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (926kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak indonesia.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstrak inggris.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
9. Abstrak sunda.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB I.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
16. BAB III.pdf Download (609kB) | Preview |
|
Text
17. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
18. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
||
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (303kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan menulis karangan narasi dan juga rendahnya hasil belajar kognitif siswa . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan besar pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap keterampilan menulis karangan narasi dan hasil belajar kognitif siswa. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen yang dilakukan pada siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VD sebagai kelas kontrol di SDN 024 Coblong Kota Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes pilihan ganda beserta soal menulis karangan narasi dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap keterampilan menulis karangan narasi. Hal itu dapat dilihat dari pengujian analisis regresi linier sederhana, yang memperoleh hasil sebesar 0.00 sehingga dengan membandingkannya dengan nilai probabilitas maka diperoleh perbandingan nilai yaitu 0.00 < 0.05; 2) Besar pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap keterampilan menulis karangan narasi, dengan pengujian koefisien determinasi memiliki hasil sebesar 51% dengan kategori cukup; 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap hasil belajar siswa. Hal itu dapat dilihat dari pengujian analisis regresi linier sederhana, yang memperoleh hasil sebesar 0.00 sehingga dengan membandingkannya dengan nilai probabilitas maka diperoleh perbandingan nilai yaitu 0.00 < 0.05; 4) Besar pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap hasil belajar siswa dengan pengujian koefisien determinasi memiliki hasil sebesar 69,4% dengan kategori kuat. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Think Talk write, Keterampilan Menulis Karangan Narasi, Hasil Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 05 Oct 2019 08:37 |
Last Modified: | 05 Oct 2019 08:37 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45373 |
Actions (login required)
View Item |