PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI ARGUMEN DARI DEBAT SECARA LISAN MENGGUNAKAN MODEL SKEMATA KRITIS PADA SISWA KELAS X SMKN 1 DAWUAN SUBANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

DINI ANDINI, 155030015 (2019) PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI ARGUMEN DARI DEBAT SECARA LISAN MENGGUNAKAN MODEL SKEMATA KRITIS PADA SISWA KELAS X SMKN 1 DAWUAN SUBANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (458kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran debat berkaitan dengan keterampilan berbicara, salah satunya pembelajaran mengonstruksi mosi, argumen dan simpulan dari debat dengan menggunakan model skemata kritis yang dirancang untuk mempermudah peserta didik dalam mengonstruksi bagian-bagian dalam debat. Berkaitan dengan hal tersebut maka peneliti tertarik melakukan penelitian pembelajaran mengonstruksi argumen dari debat secara lisan dengan menggunakan model skemata kritis pada siswa kelas X SMKN 1 Dawuan Subang Tahun Pelajaran 2018/2019. Adapun hasil penelitiannya adalah sebagai berikut: 1) Peneliti mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran mengonstruksi argumen dari debat. Hal ini dapat dibuktikan nilai rata-rata perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh peneliti sebesar 3,84 dan termasuk ke dalam kategori sangat baik (A); 2) Peserta didik kelas X SMKN 1 Dawuan mampu mengikuti pembelajaran Hal tersebut dapat dibuktikan berdasarkan pada peserta didik memeroleh nilai hasil pretes dan postes;3) Hasil belajar di kelas eksperimen memeroleh rata-rata 34,2 dan hasil postes dengan rata-rata 88,3. Sedangkan hasil rata-rata pretes kelas kontrol adalah 31,7 dan nilai rata-rata postes adalah 55,2; 4) Penggunaan model skemata kritis efektif digunakan pada pembelajaran mengonstruksi argumen dari debat. Hal tersebut terbukti pada uji mann-whitney yang menunjukkan hasil Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai 0,05; 5) Ada perbedaan keefektifan model skemata kritis sebagai kelas eksperimen dibandingkan dengan metode time token di kelas kontrol pada pembelajaran mengonstruksi argumen dari debat secara lisan. Uji N-Gain Score menunjukkan bahwa nilai rata-rata untuk kelas eksperimen sebesar 81,71 dengan kategori efektif, sedangkan di kelas kontrol sebesar 35,75dengan kategori tidak efektif. Kata kunci: model skemata kritis, keterampilan berbicara, pembelajaran debat

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Sep 2019 04:32
Last Modified: 18 Sep 2019 04:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43695

Actions (login required)

View Item View Item