Anita Yulianti Fransisca, 155020078 (2019) PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Survey Pada Siswa Kelas XI IPS Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Swasta Se Kecamatan Cicendo Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDO.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK ING.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (283kB) | Preview |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (960kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (51kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (i) Untuk mengetahui profesionalisme guru kelas XI IPS mata pelajaran ekonomi di SMA Swasta se kecamatan Cicendo kota Bandung tahun ajaran 2018/2019, (ii) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas XI IPS mata pelajaran ekonomi di SMA Swasta se kecamatan Cicendo kota Bandung tahun ajaran 2018/2019, (iii) Untuk mengetahui adakah pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS mata pelajaran ekonomi di SMA Swasta se kecamatan Cicendo kota Bandung tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survey dimana peneliti membagikan angket kepada 134 siswa sebagai sampel yaitu siswa kelas XI IPS di SMA Yayasan Pesantren Islam (YPI) Bandung dan siswa SMA Angkasa Bandung. Data yang di kumpulkan yaitu data angket dari 134 responden dan prestasi belajar diukur menggunakan nilai Ujian Akhir Sekolah (UAS). Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 24.0 For Windows. Rekapitulasi analisis deskriptif profesionalisme guru rata-rata 2,95 atau 58,96% berada pada kategori “cukup”. Dilihat dari nilai siswa menunjukkan bahwa siswa yang nilainya di atas KKM sekitar 97 siswa, sedangkan siswa yang nilainya masih di bawah KKM sekitar 37 siswa. Berdasarkan hasil olah data diperoleh angka R Square sebesar 0,440 hal ini menunjukkan bahwa variabel bebas yaitu profesionalisme guru (Y) berpengaruh sebesar 44% dalam kategori “cukup kuat” terhadap variabel terkait yaitu prestasi belajar dan sebagian lainnya sebesar 56% dipengaruhi oleh faktor lain. Penulis menyarankan kepada pihak-pihak terkait yakni: (i) bagi sekolah, harus lebih memperhatikan keprofesionalan guru dalam mengajar, (ii) bagi guru, kepada guru lebih memanfaatkan alat teknologi menggunakan dan menggunakan media ajar yang se kreatif mungkin, (iii) bagi peneliti selanjutnya peneliti menyarankan agar melakukan penelitian sejenis untuk mengetahui faktor-faktor di luar profesionalisme guru. Kata Kunci : Profesionalisme Guru, Prestasi Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 13 Sep 2019 03:59 |
Last Modified: | 17 Oct 2019 02:56 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43382 |
Actions (login required)
View Item |