SITI FATHONAH, 155030022 (2019) PEMBELAJARAN MENELAAH TEKS DRAMA BERORIENTASI PADA UNSUR PERWATAKAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 40 BANDUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
(1) COVER.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
(2) Lembar Pengesahan.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
(6) ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
(7) ABSTRAK ENGLISH.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
(8) ABSTRAK SUNDA.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
(13) BAB I.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
(14) BAB II.pdf Download (513kB) | Preview |
|
|
Text
(15) BAB III.pdf Download (720kB) | Preview |
|
Text
(16) BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
(17) BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
||
|
Text
(18) DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) | Preview |
Abstract
Menelaah teks drama berorientasi pada unsur perwatakan merupakan pembelajaran yang melatih peserta didik dalam kegiatan membaca dan memecahkan masalah. Peneliti bermaksud untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam proses menelaah teks drama berorientasi pada unsur perwatakan. Permasalahan pada saat ini yaitu peserta didik yang masih merasa kesulitan dalam menelaah teks drama berorientasi pada unsur perwatakan. Desain penelitian yang peneliti gunakan adalah kuasi eksperimen. Adapun hasil penelitiannya, yaitu: (1) Peneliti mampu dalam melaksanakan kegiatan dalam merencanakan, dan melaksanakan pembelajaran menelaah teks drama berorientasi pada unsur perwatakan dengan menggunakan metode problem based instruction. Terbukti hasil dari perencanaan pembelajaran yaitu 3,68 dan memperoleh nilai pelaksanaan pembelajaran yaitu 3,70. (2) Kemampuan hasil belajar peserta didik meningkat dalam mengerjakan pembelajaran menelaah teks drama berorientasi pada unsur perwatakan. Hal ini terbukti dari hasil statistik deskriptif dari uji Independent Sample T-Test untuk postes kelas eksperimen dan postes kelas kontrol yaitu memiliki nilai rata-rata (Mean) pada postes eksperimen sebesar 80,8621 dan postes kontrol sebesar 71,3793. Maka dapat disimpulkan nilai hasil belajar peserta didik dari kelas eskperimen lebih besar daripada nilai hasil belajar kelas kontrol (3) Metode problem based instruction efektif digunakan dalam pembelajaran menelaah teks drama berorientasi pada unsur perwatakan. Hal ini terbukti karena dilihat dari hasil perhitungan uji N-Gain Score, menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain score untuk kelas eksperimen (metode problem based instruction) sebesar 49,03 kategori cukup efektif. Sementara nilai rata-rata N-gain score kelas kontrol (metode ceramah) sebesar 34,13 kategori tidak efektif. Kata Kunci : Menelaah, unsur perwatakan, metode problem based instruction
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 11 Sep 2019 08:47 |
Last Modified: | 11 Sep 2019 08:47 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43293 |
Actions (login required)
View Item |