ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELUANG KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK DI KAWASAN BATIK TRUSMI CIREBON

Faulika Dwi Astuti, 154030027 and Dikdik Kusdiana.SE.MT, Pembimbing 1 (2019) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELUANG KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK DI KAWASAN BATIK TRUSMI CIREBON. Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan FEB Unpas.

[img]
Preview
Text
[Untitled].pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (949kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB) | Preview

Abstract

Penjualan batik di Kawasan Batik Trusmi Cirebon pada tahun 2017 mengalami penurunan yang sangat drastis yakni mencapai 50.8%. Penurunan ini disebabkan oleh faktor internal yaitu daya saing penjualan batik antar toko dan showroom serta hal lainnya adalah maraknya batik cetak Cina yang masuk ke Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil konsumen dan pengaruh variabel usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, dan pendapatan terhadap keputusan pembelian batik di Kawasan Batik Trusmi Cirebon dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kuantitatif deskriptif. Model regresi yang digunakan yaitu model regresi nonlinier jenis probit. Berdasarkan analisa penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa usia rata-rata konsumen yang datang yaitu berusia 16-31 tahun dengan 70% konsumennya berjenis kelamin perempuan. Sebanyak 64% konsumennya menempuh tingkat pendidikan terakhir D3/S1 dengan 65% konsumennya memiliki jenis pekerjaan dalam bidang swasta. Pendapatan rata-rata konsumen di Kawasan Batik Trusmi Cirebon yaitu >Rp6.000.000. Konsumen yang datang sebanyak 49% berasal dari Kabupaten/Kota Cirebon. Kesimpulan lain yang diperoleh yaitu variabel usia dan pendidikan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian batik, sementara itu variabel jenis kelamin, pekerjaan, dan pendapatan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian batik di Kawasan Batik Trusmi Cirebon. Kata Kunci : Peluang, Keputusan Pembelian, Faktor Internal.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Studi Pembangunan 2015
Depositing User: mr Nugraha Pangestu
Date Deposited: 06 Sep 2019 07:28
Last Modified: 06 Sep 2019 07:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43012

Actions (login required)

View Item View Item