KERJASAMA INDONESIA-UNICEF MELALUI PROGRAM RURAL AND REMOTE EDUCATION INITIATIVE FOR PAPUAN PROVINCES DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI PAPUA

Febianty Nur Permata, 152030155 (2019) KERJASAMA INDONESIA-UNICEF MELALUI PROGRAM RURAL AND REMOTE EDUCATION INITIATIVE FOR PAPUAN PROVINCES DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI PAPUA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
BAB I SKRIPSI FEBIANTY.docx

Download (27kB)
[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI FEBIANTY.docx

Download (19kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI FEBIANTY.docx

Download (36kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI FEBIANTY.doc

Download (199kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI FEBIANTY.docx

Download (58kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI FEBIANTY.docx

Download (16kB)

Abstract

Papua dan Papua Barat merupakan dua provinsi di Indonesia dengan IPM terendah dan tingkat buta huruf tertinggi. Kurangnya layanan akses pendidikan berkualitas menyebabkan banyak anak-anak di Papua yang tidak bisa membaca dan menulis. Ilmu Hubungan Internasional atau HI mempelajari berbagai macam interaksi antar aktor Internasional dalam berbagai bidang. Salah satunya dalam bidang pendidikan. UNICEF sebagai salah satu aktor HI dalam hal ini melakukan kerjasama dengan Indonesia dalam bentuk pengadaan Program Rural and Remote Education Initiative for Papuan Provinces, karena Indonesia, khususnya Papua dan Papua Barat dalam indeks pendidikan nasional masih jauh tertinggal. Disetujuinya kerjasama ini sebagai upaya Indonesia dalam pembangunan Sustainable Development Goals (SDG’s) 4 yakni pendidikan dasar bagi semua anak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kerjasama antara UNICEF dan Indonesia dalam meningkatkan mutu pendidikan di Papua dan Papua Barat melalui Program Rural and Remote Education Initiative for Papuan Provinces. Selanjutnya juga untuk mengetahui hasil dari penerapan program UNICEF terhadap mutu pendidikan di Papua dan Papua Barat. Sedangkan manfaat penelitian ini secara teoritis, diharapkan berguna untuk menambah khasanah pengembangan Ilmu Hubungan Internasional. Selanjutnya, secara praktis diharapkan berguna baik bagi negara dalam merencanakan kerjasama dengan berbagai pihak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-analitis, yaitu metode yang berusaha mengumpulkan, menyusun, dan menginterpretasikan data yang ada. Metode penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, mengklarifikasi atau menjelaskan peristiwa serta kejadian yang ada pada masa sekarang berdasarkan fakta-fakta yang ada untuk menghasilkan analisis mengenai kerjasama UNICEF dan Indonesia dalam meningkatkan layanan pendidikan di Papua. Hasil dari penelitian ini yakni dengan dilaksanakannya kerjasama UNICEF dan Indonesia dalam bidang pendidikan di Papua dan Papua Barat dapat meningkatkan mutu pendidikan dan minat baca anak-anak Papua dan sebagai komitmen Indonesia dalam mencapai pembangunan SDG’s 4. Kata Kunci: Rural and Remote Education Initiative for Papuan Provinces, UNICEF, Papua.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2015
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 15 Aug 2019 04:06
Last Modified: 15 Aug 2019 04:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42582

Actions (login required)

View Item View Item