PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPINGPADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

RAYYAN GANIARDI KOSASIH, 125030113 (2019) PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPINGPADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1 Cover-EDITAN 2018.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b indonesia.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b inggris.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b sunda.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 BAB I.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 BAB II.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 BAB III fix.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text
10 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] Text
11 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img]
Preview
Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Menulis pada dasarnya hanya menuangkan ide, gagasan, dan pikiran kita ke dalam sebuah tulisan. Menulis dapat membuat seseorang lebih mengenali kemampuan dan potensi yang dimilikinya. Salah satunya dengan memanfaatkan teks wawancara dalam menyusun paragraf narasi ekspositoris. Pembelajaran menulis paragraf narasi eksposiotis ini akan berjalan efektif jika didukung dengan metode yang tepat dan menarik. Saat ini banyak peserta didik yang lebih tertarik dengan beragam hal yang bersifat mudah dan cepat. Dengan keadaan yang seperti itu maka tidak sedikit dari peserta didik yang melupakan kegiatan membaca karena dianggap lama dan membosankan. Dari permasalahan tersebut penulis berkeinginan untuk melakukan penelitian terhadap peserta didik pada kelas VIII SMP Muhamadiyah 3 Bandung. Dalam melakukan penelitian penulis menggunakan metode penelitian mind mapping dengan pengumpulan sample secara purposive sampling. Metode penelitian ini memungkinkan adanya dua kelas yang digunakan dan dibandingkan dalam penelitian yaitu, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perolehan hasil nilai rata-rata pretes yang diperoleh peserta didik pada kelas eksperimen ialah sebesar 37,5 dan nilai rata-rata postes yang diperoleh ialah sebesar 70,5 dan meningkat sebanyak 52%. Ketuntasan yang diperoleh pada kelas eksperimen sebanyak 27 peserta didik tuntas namun pada kelas kontrol tuntas hanya ada 2 peserta didik. Metode mind mapping yang digunakan pada kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model MASTER. Kelas eksperimen memperoleh nilai thitung sebesar 16,09 dan nilai ttabel sebesar 14,78, dengan nilai 16,09 > 14,78 atau nilai thitung lebih besar dibandingkan nilai ttabel maka hipotesis dapat diterima. Sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai thitung sebesar 3,57 dan nilai ttabel sebesar 14,78, nilai ttabel lebih kecil dibandingkan nilai ttabel 3,57 > 14,78 maka hipotesis ditolak. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode mind mapping telah terlaksana dengan baik. Kata kunci: pembelajaran, menulis puisi, informasi, metode mind mapping

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 13 Mar 2019 03:20
Last Modified: 13 Mar 2019 03:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41549

Actions (login required)

View Item View Item