PENGARUH LEVERAGE DAN LIKUIDITAS TERHADAP RETURN SAHAM DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017)

Aditya Laika Chandra, 144010202 and Dr. Hj. Ellen Rusliati, SE.,MSIE, Pembimbing I (2018) PENGARUH LEVERAGE DAN LIKUIDITAS TERHADAP RETURN SAHAM DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan FEB-UNPAS BANDUNG.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB I AFTER SUP.docx

Download (116kB)
[img] Text
BAB II AFTER SUP 2.docx

Download (156kB)
[img] Text
BAB III AFTER SUP 1.docx
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] Text
Cover.docx

Download (85kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.docx

Download (182kB)

Abstract

ABSTRAK Judul : Pengaruh Leverage dan Likuiditas Terhadap Return Saham dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi Pasar modal (capital market) pada hakikatnya merupakan pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan, baik surat utang (obligasi), ekuiti (saham), reksa dana, derivatif maupun lainnya. Pasar modal merupakan sarana pendanaan bagi perusahaan maupun institusi lain misalnya pemerintah, dan sebagai sarana bagi kegiatan berinvestasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh leverage dan likuiditas terhadap return saham dengan good corporate governance sebagai variabel moderasi pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian sebanyak 94 perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan ialah purpsive sampling, yaitu pengambilan sampel yang dilakukan berdasarkan kriteria tertentu. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dengan analisis data menggunakan model regresi data panel dan Moderated Regression Analysis dengan alat bantu Eviews 10 dan Microsoft Office 2010. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan Leverage dan Likuiditas berpengaruh terhadap Return Saham dengan niai koefisien determinasi (R^2) sebesar 51,55%. Secara parsial, variabel Leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Return Saham, dan variabel Likuiditas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Return Saham. Secara moderasi, Good Corporate Governance tidak mampu memoderasi hubungan secara positif antara Leverage terhadap Return Saham dan Good Corporate Governance mampu memoderasi secara positif Likuiditas terhadap Return Saham. Kata Kunci : Leverage, Likuiditas, Return Saham, Good Corporate Governance

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen 2014
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 08 Mar 2019 07:51
Last Modified: 01 Jul 2021 04:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41251

Actions (login required)

View Item View Item