MUCHAMAD RANGGA NUR ISLAM and Drs.H.Agus Setiawan,M.Sn dan Boy Irwan, S.Sn (2019) PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL MENGENAI BANGUNAN CAGAR BUDAYA DI KOTA BANDUNG MUCHAMAD RANGGA NUR ISLAM 146010066. Skripsi(S1) thesis, Desain Komunikasi Visual.
Text
Awal.doc.docx Download (722kB) |
|
Text
Abstrak.doc.docx Download (16kB) |
|
Text
BAB I.doc.docx Download (409kB) |
|
Text
BAB II.doc.docx Download (126kB) |
|
Text
BAB III.doc.docx Restricted to Repository staff only Download (39MB) |
|
Text
BAB III.doc.docx Restricted to Repository staff only Download (39MB) |
|
Text
BAB V.doc.docx Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.doc.docx Download (14kB) |
Abstract
Bangunan Heritage/Cagar budaya merupakan bangunan yang memiliki nilai penting sebagai unsur kebudayaan, Nilai Estetik dan Nilai Spiritual yang dimana bangunan tersebut memiliki posisi penting dalam suatu agama atau kepercayaan contohnya tempat peribadahan. Memiliki Nilai Sosial, bangunan Heritage/Cagar Budaya mampu memberi ikatan dalam suatu komunitas dan menciptakan unsur suatu tempat. Nilai Sejarah, bangunan Heritage/Cagar Budaya mampu memberikan bukti tentang suatu peradaban manusia. Di kota Bandung Bangunan Heritage/Cagar budaya merupakan identitas kota, dikarenakan banyaknya jumlah bangunan yang berdiri di setiap sudut kota. Bangunan Heritage/Cagar Budaya di kota Bandung sendiri terbagi menjadi dua kategori A dan B, untuk kategori A berjumlah 100 bangunan yang diresmikan oleh peraturan daerah dan untuk kategori B sendiri berjumlah 271 yang diresmikan oleh peraturan walikota. Namun dengan berkembangnya zaman tak sedikit masyarakat kota Bandung khususnya kaum muda yang mengetahui tentang nilai sejarah yang terkandung disetiap bangunan. Akibatnya tidak sedikit bangunan cagar budaya yang telah hilang. Hal ini sangat mempengaruhi untuk keindahaan kota. Maka dari itu diperlukanya usaha lebih dari masyarakat kota Bandung untuk menjaga maupun merawat bangunan Heritage/Cagar Budaya itu sendiri. Dalam penelitian permasalahan kurangnya pengetahuan masyarakat kota Bandung khususnya kaum muda tentang keberadaan dan nilai sejarah bangunan, penulis menggunakan metode kualitatif dengan instrument penelitian observasi, wawancara, kuesioner serta studi literatur. Untuk mencari sebuah solusi perancangan media kampanye sosial dengan isi pesan utama yaitu “Bandung indah karena ada kita, tapi kalian gatau kita ada” dengan target utama yaitu remaja. Diharapkan dengan perancangan ini remaja dapat menjadi kaum muda yang bias menjaga dan merawat peninggalan sejarah secara turun menurun. Kata Kunci : Mengajak, Peduli, Menjaga, Merawat, Mendesain Media Kampanye.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Seni dan Sastra > Desain Komunikasi Visual 2018 |
Depositing User: | oman rohman |
Date Deposited: | 20 Feb 2019 07:00 |
Last Modified: | 03 Jun 2021 05:34 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40672 |
Actions (login required)
View Item |