Elza Azkia Hikmatu Prima, 145060018 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV SDN 117 Batununggal Kecamatan Bandung Kidul Kota Bandung Tahun Ajaran 2018-2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER ELZA.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (574kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (682kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (317kB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar pada umumnya masih menggunakan metode konvensional dilihat pada saat proses pembelajaran hanya berpusat pada guru tanpa melibatkan siswa sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran. Oleh sebab itu peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SDN 117 Batununggal yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. PTK ini berlangsung dalam III siklus. Setiap siklusnya terdiri 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, angket, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model Discovery Leaning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan perencanaan dan pelaksanaan yang sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016. Selain itu model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan sikap peduli, sikap santun, pemahaman, keterampilan, dan hasil belajar siswa. Hal ini membuktikan dari hasil yang diperoleh dari setiap siklusnya: pertama, adanya peningkatan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (siklus I 73%, siklus II 79,45%, siklus III 89,7%); kedua, peningkatan pelaksanaan pembelajaran (siklus I 72,75%, siklus II 77,5%, siklus III 89,75%); ketiga, peningkatan sikap peduli (siklus I 46%, siklus II 73%, siklus III 88%); keempat, peningkatan sikap santun (siklus I 38%, siklus II 69%, siklus III 84%); kelima, peningkatan pemahaman (siklus I 57%, siklus II 73%, siklus III 92%); keenam, peningkatan keterampilan berkomunikasi (siklus I 50%, siklus II 76%, siklus III 88%); ketujuh, adanya peningkatan hasil belajar siswa. Dengan demikian, model Discovery Learning ini dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran khususnya di Sekolah Dasar. Kata kunci: Discovery Learning dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Oct 2018 03:14 |
Last Modified: | 17 Oct 2018 03:14 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39261 |
Actions (login required)
View Item |