PENGARUH PROGRAM UNIT PENGOLAHAN DAN PEMASARAN BOKAR (UPPB) TERHADAP KETERAMPILAN PETANI KARET DI KECAMATAN KARANG BINTANG KABUPATEN TANAH BUMBU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

Gt. Dony Julian Syaputra, 132020049 (2018) PENGARUH PROGRAM UNIT PENGOLAHAN DAN PEMASARAN BOKAR (UPPB) TERHADAP KETERAMPILAN PETANI KARET DI KECAMATAN KARANG BINTANG KABUPATEN TANAH BUMBU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
bab 2 (5).docx

Download (48kB)
[img] Text
COVER DONY.docx

Download (253kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
doni bab 1.doc

Download (292kB)
[img]
Preview
Image
20181015234307_00001-1.jpg

Download (367kB) | Preview
[img] Text
ABSTRACT indo-inggris.docx

Download (17kB)
[img] Text
ABSTRAK SUNDA.docx

Download (12kB)

Abstract

Berbagai upaya Perbaikan mutu bokar telah dilakukan pemerintah dengan menerbitkan peraturan menteri dan pedoman jaminan mutu karet. Kelembagaan di tingkat petani yang dikenal dengan UPPB bertujuan sebagai sarana bagi petani untuk meningkatkan mutu karetnya. Penelitian ini berjudul Pengaruh program Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar terhadap pemenuhan keterampilan petani karet di Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan program Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar.Mengetahui keterampilan petani karet di Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan dan untuk mengetahui Pengaruh program Unit Pengolohan dan Pemasaran Bokar terhadap pemenuhan keterampilan petani karet di Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan UPPB memberikan manfaat, yaitu: adanya aturan yang disepakati secara musyawarah; meningkatnya mutu bokar petani melalui pemasaran bersama; meningkatkan posisi tawar bagi petani; dan media komunikasi petani agar dapat turut serta dalam program pengembangan karet rakyat. Namun masih banyak tantangan yang harus dihadapi antara lain modal usaha, komitmen anggota terhadap aturan yang berlaku, persaingan harga dengan tengkulak dan pedagang perantara, minimnya pengawasan terhadap mutu teknis pengolahan bokar, serta kurangnya pendampingan dalam pemasaran akibatnya minat petani lainnya untuk bergabung masih sedikit. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui dan memberikan gambaran penerapan UPPB, manfaat dan permasalahan yang dihadapi, serta dinamikanya dalam keberlangsungan mendukung gerakan nasional bokar bersih di Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan. Kajian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan menyebarkan kuesioner untuk memperoleh gambaran tentang bagaimana penerapan UPPB. Hasil kajian menjelaskan bahwa implementasi UPPB berdampak baik terhadap pemenuhan keterampilan petani karet kondisi mutu bokar dan bagian harga petani, meskipun masih terdapat tantangan yang harus dihadapi. Untuk mendukung pengembangan industri karet alam nasional maka perlu dilakukan pendampingan terhadap UPPB, pelatihan dan pembinaan secara rutin yang melibatkan sebanyak mungkin anggota kelompok tani. Pentingnya implementasi rumusan-rumusan langkah tepat guna, pemberlakuan sanksi bagi tindak pelanggaran terhadap aturan dan penerapan bokar bersih juga harus dilakukan. Kata kunci : Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar, keterampilan petani karet.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2018
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 16 Oct 2018 06:18
Last Modified: 16 Oct 2018 06:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39227

Actions (login required)

View Item View Item