PENERAPAN ASESMEN KINERJA UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Hinda Gumiarti, NPM. 128612009 (2014) PENERAPAN ASESMEN KINERJA UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (179kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (44kB)

Abstract

Kemampuan berpikir matematika yang baik adalah siswa mempunyai kemampuan menggunakan aspek-aspek dalam berpikir matematis, yaitu aspek pemahaman, aspek komunikasi, aspek koneksi, aspek penalaran, dan aspek pemecahan masalah. Guru harus bisa merencanakan suatu pembelajaran matematika yang menarik, efektif, dan bermakna. Salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematika tingkat tinggi adalah dengan pembelajaran dengan menggunakan asesmen kinerja. Asesmen kinerja merupakan salah satu bentuk asesmen yang meminta siswa untuk menunjukkan kinerja mereka sehingga dapat diketahui pengetahuan mereka. Asesmen kinerja menuntut siswa untuk aktif karena yang dinilai bukan hanya produk tetapi yang lebih penting adalah keterampilan yang mereka punya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji masalah peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa melalui pembelajaran dengan menggunakan asesmen kinerja dan mendapatkan gambaran aktivitas siswa selama proses pembelajaran matematika. Metode penelitian berupa metode campuran yang menancapkan (embedding) data kualitatif ke dalam data kuantitatif dengan menggunakan desain pretes-postes. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Cianjur yang secara keseluruhan terdiri dari 14 kelas, pengampilan sampelnya dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal tes kemampuan komunikasi matematis dan instrumen non tes berupa angket skala kemandirian belajar siswa, lembar observasi aktivitas dan lembar wawancara siswa. Hasil penelitian ini adalah: 1) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan asesmen kinerja lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, dan kualitas peningkatan kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen termasuk dalam kategori sedang sedangkan kualitas peningkatan kemampuan komunikasi matematis kelas kontrol termasuk dalam kategori rendah; 2) terdapat peningkatan kemandirian belajar siswa setelah memperoleh pembelajaran dengan menggunakan asesmen kinerja, dan kualitas peningkatannya berada dalam kategori rendah; 3) Siswa terlibat aktif selama proses pembelajaran dengan menggunakan asesmen kinerja, hal ini terlihat dari siswa mau bekerja sama, saling membantu dan saling memberikan pendapat dalam menyelesaikan tugas. Kata Kunci: Pembelajaran matematika menggunakan asesmen kinerja, kemampuan komunikasi matematis, dan kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2014
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 10 Jun 2016 02:24
Last Modified: 09 Sep 2016 13:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/3867

Actions (login required)

View Item View Item