ANNISA NURHIDAYAH, 145060106 (2018) PERBANDINGAN METODE THINK PAIR AND SHARE DAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR (Penelitian Quasi Eksperimen Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV SDN 223 Bhakti Winaya). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
INDONESIA ANISA.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
INGGRIS ANISA.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
SUNDA ANISA.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB II.pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB III.pdf Download (546kB) | Preview |
|
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) |
||
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (158kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil pengamatan di Kelas IV SDN 223 Bhakti Winaya, banyak sekali peserta didik memperoleh hasil belajar yang kurang mencapai KKM, sehingga akan berpengaruh pada nilai peserta didik dan menjadikan suatu proses pembelajaran berjalan satu arah (Teacher Centered) karena pada saat pembelajaran pendidik kurang bervariasi dalam menggunakan metode pembelajaran, pembelajaran terkesan monoton dan menjadi kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan metode Think Pair And Share dan Two Stay Two Stray. Pengambilan data dalam penelitian ini melalui dokumentasi, observasi, pretest dan posttest. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV A dengan jumlah 31 peserta didik dan IV B dengan jumlah 31 peserta didik. Teknik pengolahan data menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji Mann-Whitney U, dan Uji Gain Ternormalisasi yang terdapat pada aplikasi SPSS. Hasil data pada penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar antara yang menggunakan metode Think Pair and Share (kelas A) dan yang menggunakan metode Two Stay Two Stray (Kelas B) melalui uji Mann-Whitney U dengan nilai pretest 0.000 dan posttest 0.007. Terdapat peningkatan hasil belajar yang menggunakan metode Think Pair and Share (kelas A) sebesar 0.39 dan yang menggunakan metode Two Stay Two Stray (Kelas B) sebesar 0.56 melalui uji Gain Ternormalisasi dan metode yang lebih efektif terlihat dari besarnya nilai uji Gain Ternormalisasi sebesar 0.56. Dengan demikian metode Two Stay Two Stray lebih efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV. Kata Kunci: Think Pair And Share. Two Stay Two Stray. Hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 12 Oct 2018 01:57 |
Last Modified: | 12 Oct 2018 01:57 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38635 |
Actions (login required)
View Item |