Indri Fathyara, 145060113 (2018) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV SD Negeri Kibodas Kota Sukabumi Tahun Ajaran 2018-2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BHS INGGRIS.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BHS SUNDA.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (498kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (351kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (554kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model discovery learning pada subtema keberagaman budaya bangsaku. Hal ini dilatarbelakangi dengan keadaan peserta didik yang tidak optimal dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dikarenakan guru sering menggunakan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus dengan menggunakan model Kemmis dan McTagart. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Kibodas Kota Sukabumi tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 26 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, observasi, angket dan studi dokumentasi. Rata-rata nilai persentase capaian kognitif pada siklus I sebesar 50,00%, pada siklus II 73,08%, dan pada siklus III 88,46%. Rata-rata nilai persentase capaian afektif sikap peduli pada siklus I sebesar 61,54%, pada siklus II sebesar 76,92%, dan pada siklus III sebesar 84,62%. Rata-rata nilai persentase capaian afektif sikap santun pada siklus I sebesar 53,85%, pada siklus II sebesar 76,92%, dan pada siklus III sebesar 88,46%. Rata-rata nilai persentase capaian psikomotor pada siklus I sebesar 50,00%, siklus II sebesar 65,38% dan siklus III sebesar 88,46%. Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada subtema keberagaman budaya bangsaku. Kata kunci: discovery learning, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 11 Oct 2018 06:28 |
Last Modified: | 11 Oct 2018 06:28 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38594 |
Actions (login required)
View Item |