PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMAS SUMATRA 40 BANDUNG (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Mengenai Lembaga Keuangan Perbankkan di Kelas X-E Tahun Ajaran 2017/2018)

ANGGUN NURJANAH, 145020115 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMAS SUMATRA 40 BANDUNG (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Mengenai Lembaga Keuangan Perbankkan di Kelas X-E Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (518kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (97kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMAS Sumatra 40 Bandung” ( Studi Kuasi Ekperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Mengenai Lembaga Keuangan Perbankkan Di Kelas X-E Tahun Ajaran 2017/2018). Tujuan dari penelitian ini adalah (1)Mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle. (2)Megetahui hasil belajar siswa sesudah menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Inside Outside Circle. (3)Mengetaui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pre-tes dan Post-test, serta dokumentasi untuk menjawab permasalahan tersebut menggunakan studi kuasi eksperimen. Berdasarkan hasil dari penelitian terdapat pengaruh hasil belajar siswa di kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol dimana hasil post-tes kelas ekseperimen yaitu 26,64 sedangkan di kelas kontrol hasil belajar post-tes yaitu 17,48. Meningkatnya hasil belajar siswa dengan pengujian hipotesis (Uji-T) post-test dapat dilihat bahwa nilai propabilitas signifikansi atau 2-tailed sebesar 0,00 atau lebih kecil dari 0,05 atau 5% yang artinya hipotesis yang mengandung judul model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle (X) pada mata pembelajaran ekonomi berpengaruh positif terhadap hasil belajar (Y) sebesar 52,4% pada siswa kelas Xxtahun ajaran 2017/2018 di SMAS Sumatra 40 Bandung. Akhir dari penulis sebagai penutup menyampaikan saran kepada-pihak terkait, yakni: (1) kepada sekolah, sebaiknya mendukung guru dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle dari segi sarana maupin prasarana agar hasil belajar siswa lebih tinggi. (2) kepada guru mata pelajaran ekonomi, untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan penugasan sebgaiknya menggunakan model kooperatif tipe inside outside circle; (3) kepada siswa, diharapkan siswa termotivasi dalam pembelejaran di kelas. (4) bagi peneliti berikutnya, supaya mengadakan penelitian lebih lanjut terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe Inside Otside Circle, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 04 Oct 2018 07:30
Last Modified: 04 Oct 2018 07:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37400

Actions (login required)

View Item View Item