PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM TEKS HIKAYAT BAIK SECARA LISAN MAUPUN TULISAN DENGAN METODE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS X SMK YAMI WALED CIREBON TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ANINDIA MUTIA KHANZA, 145030075 (2018) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM TEKS HIKAYAT BAIK SECARA LISAN MAUPUN TULISAN DENGAN METODE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS X SMK YAMI WALED CIREBON TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (692kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA REVISII FIXS.pdf

Download (86kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran mengidentifikasi teks hikayat merupakan salah satu keterangan keterampilan berbahasa yaitu membaca. Membaca teks hikayat adalah salah satu cara pemahaman yang bertujuan untuk memahami suatu pembelajaran. Dalam pembelajaran mengidentifikasi te ks hikayat, penulis memfokuskan isi tentang teks hikayat, dan memberikan peluang saran dan ajakan bagi pihak lain. Dalam pembelajaran teks hikayat ini penulis menggunakan metode Make a Match. Metode Make a Match merupakan metode pembelajaran yang kooperatif yang bertujuan agar siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran. Adapun permasalahan yang dibahas dalam pembelajaran dapat di rinci kedalam pertanyaan sebagai berikut: 1) Mampukah penulis merencanakan, dan melaksanakan kegiatan pembelajaran mengidentifikasi nilai -nilai yang terandung dalam teks hikayat pada siswa kelas X SMK YAMI Waled Cirebon. 2) Mampukah siswa menerapkan proses pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai yang terkandung dalam teks hikayat pada siswa kelas X SMK YAMI Waled Cirebon. 3) Adakah perbedaan peningkatan hasil pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai yang terandung dalam teks hikayat dengan menggunakan metode Make a Match pada siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol SMK YAMI Waled Cirebon. 4) Efektifkah penerapan pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai yang terandung dalam teks hikayat dengan metode Make a Match pada siswa kelas X SMK YAMI Waled Cirebon.Adapun jawaban pertanyaan permasalahan pembelajaran yang di teliti tersebut sebagai berikut : 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai dalam tes hikayat pada siswa kelas X SMK YAMI Waled Cirebon. 2) Peserta didik kelas X SMK YAMI Waled mampu menerapkan pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai dalam teks hikayatpada siswa kelas X SMK YAMI Waled Cirebon. 3) terdapat peningkatan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, hal ini dibuktikan Hal tersebut terbukti dari nilai rata-rata kelas eksperimen lebih unggul yaitu rata-rata postes 80,45 dan pretes 48,85 dengan selisih rata-rata 31,6, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata postes 70,45 dan pretes 44,3 dengan selisih rata-rata 26,15. Penggunaan Metode Make a Match efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai yang terkandung dalam teks hikayat dengan pembuktian hasil perhitungan uji statistik sebesar thitung>ttabel yakni 11,67 < 2,04, dibandingkan metode pair check pada kelas kontrol dengan pembuktian hasil uji statist ik sebesar t hitung<ttabel yakni 7,9 < 2,04. Kata Kunci:Pembelajaran, mengidentifiasi, hikayat, metode Make a Match.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2018 03:46
Last Modified: 10 Oct 2018 03:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37081

Actions (login required)

View Item View Item