INTAN DWITA SARI, 145060024 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANPROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa kelas IV SDN 054 Tikukur Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
01. COVER.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRISS.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (169kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (111kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berisi tentang penerapan model problem based learningyang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 054 Tikukur Kota Bandungpada subtema keberagaman budaya bangsaku. Yang dihadapi pada pembelajaran ini adalah pelajaran yang disajikan oleh guru masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah, proses pembelajaran ini hanya berpusat pada guru dan tanpa melibatkan siswa sehingga kurang menarik minat dan motivasi siswa untuk belajar dan siswa menjadi kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Model problem based learning berguna untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), rancangan metode penelitiannya mengacu pada model yang dikembangkan Kemmis dan Mc Taggart (1988). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, penilaian sikap kerjasama peserta didik, lembar obsevasi aktivitas guru dan peserta didik, lembar wawancara peserta didik dan dokumentasi guru. Berdasarkan pelaksanaan tindakan yang dilakukan sebanyak tiga siklus, secara keseluruhan telah menunjukkan adanya peningkatan dari data awal proses pembelajaran. Data yang diperoleh pada hasil pos-tesselama proses pembelajaran siklus I memperoleh presentase 19.4%, siklus II 52.7%, dan siklus III 91.6%, untuk hasil sikap kerjasama peserta didik selama pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh presentase 6% kategori sangat baik, 19% kategori baik, 42% kategori cukup dan 33% kategori kurang, siklus II 11% kategori sangat baik, 53% kategori baik, 12% kategori cukup dan 3% kategori kurang, serta siklus III memperoleh 81% kategori sangat baik, 14% kategori baik, 5% kategori cukup, dan 0% kategori kurang. Adapun hasil penilaian aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan salah satunya pembelajaran dari teacher centermenjadi student center. dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learningdapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 054 Tikukur Kota Bandung pada subtema keberagaman budaya bangsaku. Kata Kunci : Model Problem Based Learningdan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 25 Sep 2018 02:08 |
Last Modified: | 25 Sep 2018 02:08 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36866 |
Actions (login required)
View Item |