STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF CRITICAL INCIDENT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI KERJA SAMA EKONOMI INTERNASIONAL DI SMA KEMALA BHAYANGKARI BANDUNG (STUDI KASUS SISWA KELAS XI IPS 1 DAN XI IPS 2 TAHUN AJARAN 2017/201

DANIA FADHILA, 145020095 (2018) STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF CRITICAL INCIDENT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI KERJA SAMA EKONOMI INTERNASIONAL DI SMA KEMALA BHAYANGKARI BANDUNG (STUDI KASUS SISWA KELAS XI IPS 1 DAN XI IPS 2 TAHUN AJARAN 2017/201. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Indonesia.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (923kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (649kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan penggunaan strategi pembelajaran aktif critical incident kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dibandingkan dengan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol pada mata pelajaran ekonomi materi kerja sama ekonomi internasional di SMA Kemala Bhayangkari Bandung tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen tipe nonequivalent control group design yang merupakan macam dari desain kuasi eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pre-test dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji n-gain, dan untuk uji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil pengolahan data didapatkan informasi bahwa n-gain rata-rata kelas eksperimen sebesar 0,690 yang berarti sedang, sedangkan kelas kontrol sebesar 0,398 yang berarti rendah. Selain itu dari hasil uji hipotesis didapatkan hasil nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak, atau dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa sesudah menggunakan strategi pembelajaran aktif critical incident ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar yang signifikan dikelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dibandingkan dengan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol pada mata pelajaran ekonomi materi kerja sama ekonomi internasional di SMA Kemala Bhayangkari Bandung tahun ajaran 2017/2018. Kesimpulannya strategi pembelajaran aktif critical incident dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata peajaran ekonomi materi kerja sama ekonomi internasional di SMA Kemala Bhayangkari Bandung. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Aktif Critical Incident, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Sep 2018 06:35
Last Modified: 17 Sep 2018 06:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36421

Actions (login required)

View Item View Item