Tri Rahayu Permatasari, 145060101 (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri 184 Buahbatu Kecamatan Buahbatu Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover Skripsi.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak 1 Bahasa Indonesia.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak 2 Bahasa Inggris.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak 3 Bahasa Sunda.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (496kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (323kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (879kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (36kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model discovery learning pada subtema organ gerak hewan di kelas VA SDN 184 Buahbatu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar peserta didik, hal tersebut dikarenakan kurang mendorong keterlibatan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran untuk menemukan sendiri pengetahuannya sehingga menimbulkan masalah dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yakni metode PTK yang dilaksanakan dalam 3 siklus setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari dua tindakan yang menerapkan model discovery learning dengan tahapan stimulation, problem statement, data collection, data processing, verification, dan generalization. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar peserta didik pada subtema organ gerak hewan, hal ini terbukti nilai perencanaan siklus I memperoleh nilai rata-rata 2.73 pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 3.26 dan pada siklus III mengalami peningkatan menjadi 3.67. Nilai pelaksanaan pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 2.84 pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 3.42 dan pada siklus III mengalami peningkatan menjadi 3.62. Sikap rasa ingin tahu peserta didik mengalami peningkatan, pada siklus I memperoleh persentase 54% pada siklus II 74% dan pada siklus III 85%. Hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model discovery learning memperoleh persentase pada siklus I 56% pada siklus II 69% dan pada siklus III 82%. Kesimpulannya bahwa penerapan model discovery learning dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar peserta didik pada subtema organ gerak hewan. Kata kunci: discovery learning, sikap rasa ingin tahu, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 06 Sep 2018 07:07 |
Last Modified: | 06 Sep 2018 07:07 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35979 |
Actions (login required)
View Item |