FENOMENA SKIP CHALLENGE DI KALANGAN REMAJA SMP PENIDA BANDUNG

DZIKRI HIKMATIN 132050414, 132050414 (2018) FENOMENA SKIP CHALLENGE DI KALANGAN REMAJA SMP PENIDA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
3. BAB I.docx

Download (13kB)
[img] Text
4. BAB I (2).docx

Download (25kB)
[img] Text
5. BAB II.docx

Download (13kB)
[img] Text
6. BAB II (2).docx

Download (63kB)
[img] Text
1. Cover.docx

Download (25kB)
[img] Text
2. Abstrak.docx

Download (16kB)
[img]
Preview
Image
8. Lembar Pengesahan.jpg

Download (1MB) | Preview
[img] Text
7. Daftar Pustaka.docx

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “FENOMENA SKIP CHALLENGE DIKALANGAN REMAJA SMAN 1 MARGAHAYU BANDUNG”. Remaja dizaman yang maju ini ingin disebut anak gaul dan kekinian agar diakuai oleh teman-teman sebayanya, maka dari itu remaja sekarang sering melakukan hal-hal yang kadang diluar dari batas wajar, salah satunya adalah dengan melakukan Skip Challenge atau Pass Out Challenge. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebab dan akibat dari apa yang menyebabkan remaja nekat melakukan permainan ini tanpa mengetahui dampak atau resiko dari permainan ini. Motif pelaku, tindakan perilaku, dan makna permainan Skip Challenge tersebut menjadi unsur fenomena yang akan dibahas dalam penelitian ini sesuai dengan teori yang peneliti gunakan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teori fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan, observasi lapangan, dan wawancara mendalam dengan partisipan atau informan sebanyak sepuluh orang siswa-siswi remaja SMP PENIDA BANDUNG. Hasil dari penelitian ini, remaja kerap kali melakukan hal-hal yang bisa dibilang diluar batas kewajaran dengan cara memainkan permainan yang menyenangkan bagi remaja tersebut tetapi bila dilihat lebih lanjut ternyata skip challnge sendiri terkesan berbahaya dan merugikan dirinya sendiri, selain itu pemakaian smartphone yang berlebihan dapat memicu remaja mengetahui informasi yang belum waktunya remaja ketahui. Tanpa mengetahui dampak dari skip challenge, remaja sengaja memainkan permainan ini yang dimaksudkan agar mendapat perhatian dari sekitarnya. Saran yang ingin disampaikan oleh peneliti untuk para remaja yang ingin mencoba hal-hal baru yang dilihatnya dimedia sosial hendaknya melihat kembali dampak negatif dari hal-hal yang ingin dicobanya, seperti apa efek buruk bagi kesehatan dirinya dan juga apakah hal tersebut merugikan dirinya atau orang lain disekitarnya. Orang tua juga haruslah mengkontrol pemakaian dari remaja yang memiliki smarphone.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2018
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 12 Feb 2018 06:21
Last Modified: 12 Feb 2018 06:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33018

Actions (login required)

View Item View Item