NADIA ULFA, 135060212 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PERUBAHAN WUJUD BENDA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Guruminda Kecamatan Arcamanik Kelurahan Cisaranten Kulon Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak B.Indonesia docx.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak B.Inggris docx.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak B.Sunda docx.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I NADIA.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II NADIA.pdf Download (803kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III NADIA.pdf Download (261kB) | Preview |
|
Text
BAB IV NADIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (609kB) |
||
Text
BAB V NADIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (75kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas guru dalam mengajar yang masih menggunakan model konvensional dimana pembelajaran berpusat pada guru (teacher center) sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk menumbuhkan sikap rasa ingin tahu, kreatif, dan tanggung jawab siswa serta hasil belajar siswa baik pada aspek pengetahuan maupun keterampilan pada pembelajaran tematik tema Benda-benda di Lingkungan Sekitar subtema Perubahan Wujud Benda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kelas yang terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Guruminda, sebanyak 25 orang yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 16 siswi perempuan. Hasil penelitian pada siklus I pada aspek sikap yaitu sikap rasa ingin tahu, kreatif, dan tanggung jawab cenderung berada pada kategori mulai terlihat (MT). Pada siklus II kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori mulai berkembang (MB. Pada siklus III kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori membudaya (M) dari jumlah keseluruhan siswa. Hasil belajar pada aspek pengetahuan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 11 orang atau sebesar 44% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 14 orang siswa atau sebesar56%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 16 orang atau sebesar 64 % dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 9 orang siswa atau sebesar 36%. Pada siklus III jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 24 orang atau sebesar 96% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 1 orang siswa atau sebesar 4%. Pada aspek keterampilan pada siklus I keterampilan siswa cenderung berada pada kategori cukup (C). Pada siklus II keterampilan siswa cenderung berada pada kategori baik (B), Pada siklus III keterampilan siswa cenderung berada pada kategori sangat baik (A). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema Benda-benda di Lingkungan Sekitar subtema Perubahan Wujud Benda. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 14:18 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 14:18 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30936 |
Actions (login required)
View Item |