PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN CICALENGKA 08 PADA SUBTEMA BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Cicalengka 08)

ASTRI NUR SOLIHAH, 135060189 (2017) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN CICALENGKA 08 PADA SUBTEMA BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Cicalengka 08). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 BAB I.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 BAB II.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 BAB III.pdf

Download (390kB) | Preview
[img] Text
17 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)
[img] Text
18 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)
[img]
Preview
Text
19 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas guru dalam mengajar yang masih menggunakan model konvensional dimana pembelajaran berpusat pada guru (teacher center) sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk menumbuhkan sikap peduli dan santun siswa serta hasil belajar siswa baik pada aspek pengetahuan maupun keterampilan pada pembelajaran tematik tema Indahnya Kebersamaan Subtema Bersyukur Atas Keberagaman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kelas yang terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Cicalengka 08 , sebanyak 22 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 10 siswi perempuan. Hasil penelitian pada siklus I pad a aspek sikap yaitu sikap santun,peduli cenderung berada pada kategori mulai terlihat (MT). Pada siklus II kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori mulai berkembang (MB. Pada siklus III kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori membudaya (M) dari jumlah keseluruhan siswa. Hasil belajar pada aspek pengetahuan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 12 orang atau sebesar 55% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 10 orang siswa atau sebesar 45%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 16 orang atau sebesar 73% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 6 orang siswa atau sebesar 27%. Pada siklus III jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 21 orang atau sebesar 95% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 1 orang siswa atau sebesar 5%. Pada aspek keterampila n pada siklus I keterampilan siswa cenderung berada pada kategori cukup (C). Pada siklus II keterampilan siswa cenderung berada pada kategori baik (B), Pada siklus III keterampilan siswa cenderung berada pada kategori sangat baik (A). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema Indahnya Kebersaamaan Subtema Bersyukur Atas Keberagaman. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Oct 2017 07:24
Last Modified: 17 Oct 2017 07:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30908

Actions (login required)

View Item View Item