ASTRI NUR SOLIHAH, 135060189 (2017) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN CICALENGKA 08 PADA SUBTEMA BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Cicalengka 08). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1 COVER.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
5 ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
6 ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
7 ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
14 BAB I.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
15 BAB II.pdf Download (675kB) | Preview |
|
|
Text
16 BAB III.pdf Download (390kB) | Preview |
|
Text
17 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (689kB) |
||
Text
18 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (689kB) |
||
|
Text
19 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (148kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas guru dalam mengajar yang masih menggunakan model konvensional dimana pembelajaran berpusat pada guru (teacher center) sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk menumbuhkan sikap peduli dan santun siswa serta hasil belajar siswa baik pada aspek pengetahuan maupun keterampilan pada pembelajaran tematik tema Indahnya Kebersamaan Subtema Bersyukur Atas Keberagaman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kelas yang terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Cicalengka 08 , sebanyak 22 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 10 siswi perempuan. Hasil penelitian pada siklus I pad a aspek sikap yaitu sikap santun,peduli cenderung berada pada kategori mulai terlihat (MT). Pada siklus II kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori mulai berkembang (MB. Pada siklus III kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori membudaya (M) dari jumlah keseluruhan siswa. Hasil belajar pada aspek pengetahuan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 12 orang atau sebesar 55% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 10 orang siswa atau sebesar 45%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 16 orang atau sebesar 73% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 6 orang siswa atau sebesar 27%. Pada siklus III jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 21 orang atau sebesar 95% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 1 orang siswa atau sebesar 5%. Pada aspek keterampila n pada siklus I keterampilan siswa cenderung berada pada kategori cukup (C). Pada siklus II keterampilan siswa cenderung berada pada kategori baik (B), Pada siklus III keterampilan siswa cenderung berada pada kategori sangat baik (A). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema Indahnya Kebersaamaan Subtema Bersyukur Atas Keberagaman. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 07:24 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 07:24 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30908 |
Actions (login required)
View Item |