NOK AI MUAWANAH, 135060223 (2017) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 9 KAYANYA NEGERIKU SUBTEMA 3 PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Giriasih Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1 COVER.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
7 ABSTRAK B INDONESIA.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
8 ABTRAK B INGGRIS.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
9 ABSTRAK B SUNDA.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
16 BAB I.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
17 BAB II.pdf Download (435kB) | Preview |
|
|
Text
18 BAB III.pdf Download (671kB) | Preview |
|
Text
19 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
20 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
|
Text
21 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) | Preview |
Abstract
Penelitian dilatar belakangi oleh rendahnya nilai rata-rata pembelajaran sub tema 3 pelestarian kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia yang dikarenakan kurangnya kesiapan guru dan pemahaman konsep siswa serta penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diimplementasikan suatu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui penerapan model Discovery Learning. Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari III siklus, dilaksanakan di kelas IV MI Al-Mubarokah Batujajar dengan jumlah siswa 26 orang. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran discovery pada subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia, baik sebelum maupun sesudah penggunaan model pembelajaran Discovery Learning. Model penelitian yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah model Siklus, sedangkan pola yang digunakan adalah pola kolaboratif, Teknik pengumpulan data dengan cara observasi aktivitas siswa dan guru, dokumen guru, wawancara, tes, serta angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran memperoleh hasil pada siklus I sebesar 68%, siklus II sebesar 72%, dan siklus III menjadi 93%, hasil belajar pada ranah afektif sikap percaya diri pada siklus I mencapai 65%, siklus II sebesar 73% dan siklus III meningkat mencapai 88%, selanjutnya pada ranah kognitif siklus I mencapai 54%, siklus II mencapai 69% dan siklus III meningkat menjadi 88%. Selanjutnya pada ranah psikomotor (keterampilan berbicara) siklus I sebesar 65%, siklus II sebesar 73% dan siklus III meningkat menjadi 85%. Itu artinya penerapan model Discovery Learning ini sangat efektif digunakan pada pembelajaran subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia. Serta hasil aktivitas siswa, dan respon siwa menunjukkan kategori yang baik. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran penemuan dapat meningkatkan pemahmaan siswa terhadap hasil belajar siswa, diharapkan guru dapat mencoba dan menerapkan model pembelajaran pada materi yang lain dalam upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa lebih lanjut. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 02:54 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 02:54 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30838 |
Actions (login required)
View Item |