DWIKI PEBRIANTO, 135060006 (2017) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV SDN Muararajeun Jalan SD Muararajeun No.26 Kelurahan Cihaurgeulis Kecamatan Cibeunying Kaler kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACK.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (541kB) | Preview |
|
Text
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V .pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berisi tentang penerapan model problem based learning yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Muararajeun Kota Bandung pada subtema keberagaman budaya bangsaku. Yang dihadapi pada pembelajaran ini adalah pelajaran yang disajikan oleh guru masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah, proses pembelajaran ini hanya berpusat pada guru dan tanpa melibatkan siswa sehingga kurang menarik minat dan motivasi siswa untuk belajardan siswa menjadi kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Model problem based learning berguna untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), rancangan metode penelitiannya mengacu pada model yang dikembangkan Kemmis dan Mc Taggart (1988). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, respon siswa, aktivitas siswa, pelaksanaan pembelajaran, dan dokumentasi guru (RPP). Berdasarkan pelaksanaan tindakan yang dilakukan sebanyak tiga siklus, secara keseluruhan telah menunjukkan adanya peningkatan dari data awal proses pembelajaran. Data yang diperoleh pada aktivitas siswa selama prose pembelajaran siklus I memperoleh presentase 27.8%, siklus II 57.6%, dan siklus III 85.5%, untuk aktivitas guru selama pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh presentase 62.2% , siklus II 72%, dan siklus III memperoleh 96%. Adapaun hasil dokumentasi guru memperoleh presentase siklus I mencapai 66.6%, siklus II mencapai 73.3%, dan siklus III mencapai 93.3%. untuk hasil belajar siswa yang terdiri dari test pretest memperoleh presentase siklus I mencapai 7.6%, siklus II mencapai 25.6% dan siklus III 23%. untuk hasil belajar siswa yang terdiri dari test postest memperoleh presentase siklus I mencapai 20.1%, siklus II mencapai 51.3% dan siklus III 97.4%. dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Muararajeun Kota Bandung pada subtema keberagaman budaya bangsaku. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Keaktifan dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 11:39 |
Last Modified: | 16 Oct 2017 11:39 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30808 |
Actions (login required)
View Item |