Suci Nur Oktaviani, 135060105 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas di Sekolah Dasar Negeri 235 Lengkong Kecil Kecamatan Lengkong Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
cover skripsi.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak bahasa Indonesia.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Inggris.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (733kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (302kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada subtema Manusia dan Lingkungan pada siswa kelas V SDN 235 Lengkong Kecil kota Bandung dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi yaitu dalam proses pembelajaran guru masih mendominasi pembelajaran dengan metode ceramah satu arah saja dan tidak memotivasi siswa untuk berpikir secara kritis sehingga proses pembelajaran menjadi tidak interaktif dan bermakna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Arikunto dengan tiga siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, angket dan dokumentasi. Selain meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning juga dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada setiap siklusnya. Untuk hasil belajar siklus I sebesar 64% siswa mencapai KKM, siklus II sebesar 84% siswa mencapai KKM, dan siklus III sebesar 92% siswa mencapai KKM. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 68,4 (cukup), siklus II sebesar 72 (baik), dan siklus III sebesar 84,4 (sangat baik). Serta peningkatan motivasi belajar dari setiap siklusnya. Siklus I sebesar 40%, dan siklus II sebesar 76%, dan siklus III sebesar 96%. Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada Subtema Manusia dan Lingkungan. Kata kunci : Problem Based Learning, Motivasi, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 08:17 |
Last Modified: | 16 Oct 2017 08:17 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30792 |
Actions (login required)
View Item |