PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA ( Studi kasus pada siswa kelas X IPS 2 SMA Bina Dharma Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017)

QURROTUN AININ, 135020115 (2017) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA ( Studi kasus pada siswa kelas X IPS 2 SMA Bina Dharma Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Studi kasus pada siswa kelas X IPS 2 di SMA Bina Dharma 2 Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017). Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan penggunaan model cooperative learning tipe course review horay (CRH) pada pelajaran ekonomi di kelas X IPS 2 SMA Bina Dharma 2 Bandung, (2) Mendeskripsikan keaktifan belajar siswa kelas X IPS 2 di SMA Bina Dharma 2 Bandung sesudah menggunakan model cooperative learning tipe course review horay (CRH), (3) Mengungkapkan seberapa besar pengaruh model cooperative learning tipe course review horay (CRH) terhadap keaktifan belajar siswa pada pelajaran ekonomi kelas X IPS 2 di SMA Bina Dharma 2 Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan tingkat eksplanasi assosiatif kausal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan angket dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linear sederhana dan uji koefisien determinasi. Hipotesis penelitian berbunyi “Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay (CRH) Berpengaruh Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Studi kasus pada siswa kelas X IPS 2 di SMA Bina Dharma 2 Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017). Penelitian ini menggunakan program SPSS 18.0 for windows dengan hasil nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,642 yang berarti bahwa terjadi hubungan yang antara model cooperative learning tipe course review horay (CRH) terhadap keaktifan belajar siswa, koefisien determinasi R Square 0,412 yang berarti pengaruh model cooperative learning tipe course review horay (CRH) sebesar 41,2% terhadap variabel keaktifan belajar siswa. Hal ini menunjukan masih ada 58,8% faktor atau variabel lain yang mempengaruhi keaktifan belajar siswa selain model cooperative learning tipe course review horay (CRH), kesimpulan hipotesis penelitian dapat diterima. Akhir penelitian, peneliti menyampaikan saran kepada siswa yang terbiasa pasif dalam kegiatan pembelajaran sebaiknya belajar membiasakan diri untuk dapat bekerja sama dan berperan aktif dalam pembelajaran dengan berdiskusi dan saling membantu akan memudahkan siswa dalam menguasai materi pelajaran dan memecahkan masalah sehingga hasil belajar dapat meningkat. Kepada guru jika memiliki siswa yang cenderung memiliki karakteristik pasif, guru sebaiknya menggunakan variasi model pembelajaran yang menarik yang salah satunya adalah menggunakan metode pembelajaran course review horay karena cara ini dapat membuat siswa aktif belajar di kelas. Bagi sekolah, Kepala sekolah diharapkan menyarankan guru untuk menggunakan model pembelajaran course review horay agar siswa lebih tertarik untuk belajar dan tidak merasa bosan dalam kelas. Kata Kunci : Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay (CRH), Keaktifan Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 14 Oct 2017 04:30
Last Modified: 14 Oct 2017 04:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30689

Actions (login required)

View Item View Item