PENGGUNAAN MODEL INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 9 MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI (Penelitian Tindakan Kelas pada Subtema 3 Kebiasaan Makanku di Kelas IV SD Plus Alfatwa Kecamatan Regol Kota Bandung).

IRMA SURYANI, 135060271 (2017) PENGGUNAAN MODEL INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 9 MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI (Penelitian Tindakan Kelas pada Subtema 3 Kebiasaan Makanku di Kelas IV SD Plus Alfatwa Kecamatan Regol Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (712kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Inquiry Learning pada tema makananku sehat dan bergizi di kelas IV SD Plus Alfatwa. Penggunaan metode konvensional, mengakibatkan kurangnya motivasi dan hasil belajar. Penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, yang setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Inquiry Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar, hal ini dapat dilihat dari motivasi dan hasil belajar siswa yang meningkat. P ada siklus I rata- rata motivasi siswa mendapatkan kategori rendah sebanyak 50% . Pada siklus II motivasi siswa mendapatkan kategori tinggi sebanyak 79% . Pada siklus III rata-rata motivasi siswa nya tinggi sebanyak 96% dengan kategori sangat tinggi . Pada siklus I rata- rata hasil belajar siswa 70%, siklus II rata - rata hasil belajar siswa 79%, siklus III rata- rata hasil belajar siswa 92%. Berdasarkan analisis data penelitian yang di peroleh maka dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran Inquiry Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Kata Kunci : Inquiry Learning, Motivasi, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 13 Sep 2017 04:00
Last Modified: 13 Sep 2017 04:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29225

Actions (login required)

View Item View Item