Caswati, 135020097 (2017) PENGARUH TEKNIK PROBING PROMTING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA SUMATRA 40 BANDUNG TAHUN AJARAN 2016/2017 (Studi Kasus pada Kelas X-A dan X-B pada Mata Pelajaran Ekonomi). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1. COVER.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
6.1 ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
6.2 ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
6.3 ABSTRAK SUNDA.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB III.pdf Download (403kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB III.pdf Download (673kB) | Preview |
|
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (278kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan peneliti pada saat observasi awal dikelas X-A dan X-B SMA Sumatra 40 Bandung. Berdasarkan hasil observasi, peneliti menemukan permasalahan yaitu siswa kurang memiliki keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran ekonomi. Hal ini ditunjukkan dengan indikator permasalahan diantaranya kurang aktifnya siswa saat pembelajaran di kelas. Ketika siswa bertanya, pertanyaan yang diajukanhanya sebatas pada tataran ingatan, siswa belum mampu menjawab pertanyaan dari guru menggunakan analisisnya sendiri, mereka hanya terpaku kepada buku teks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik probing promting terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X SMA Sumatra 40 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Hipotesis peneltian berbunyi terdapat pengaruh signifikan penggunaan teknik pembelajaran probing promting terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi. Instrumen yang digunakan adalah tes dan skala sikap. Tes yang digunakan adalah tes tipe uraian, sedangkan skala sikap menggunakan Skala Likert yang berisikan pertanyaan-pertanyaan siswa mengenai pembelajaran yang dilakukan. Dari analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: hipotesis penelitian terdapat pengaruh signifikan penggunaan teknik pembelajaran probing promting terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi dapat diterima dengan bukti terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen pada pembelajaran ekonomi dengan menggunakan teknik probing promting, dan siswa bersikap positif terhadap pembelajaran ekonomi dengan teknik probing promting. Sebagai akhir penelitian peneliti menyampaikan saran agar teknik probing promting dapat dijadikan suatu alternatif dalam pembelajaran, pelaksanaan teknik probing promting direncanakan lebih matang dan permasalahan yang diberikan lebih aktual, siswa diharapkan ikut berperan aktif dalam pembelajaran dan ketika melakukan penelitian tentang teknik probing promting hendaknya memilih pokok bahasan yang sesuai dengan teknik pembelajaran, agar dapat memeperoleh hasil penelitian yang lebih baik. Kata kunci : Teknik Pembelajaran Probing Promting, Keterampilan Berpikir Kritis.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 06 Sep 2017 06:20 |
Last Modified: | 06 Sep 2017 06:20 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29087 |
Actions (login required)
View Item |