KEANGGOTAAN INDONESIA DALAM G20 DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERAN INDONESIA DI KERJASAMA SELATAN SELATAN DAN TRIANGULAR (KSST)

Bagus Mi’raz Prakoso, 132030101 (2017) KEANGGOTAAN INDONESIA DALAM G20 DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERAN INDONESIA DI KERJASAMA SELATAN SELATAN DAN TRIANGULAR (KSST). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
COVER Skripsi.docx

Download (72kB)
[img] Text
ABSTRAK 3 Bahasa.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB I & BAB II.docx

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (22kB)
[img]
Preview
Image
Lembar Pengesahan.jpg

Download (235kB) | Preview

Abstract

Kerjasama Selatan Selatan dan Triangular (KSST) bukanlah sebuah isu baru dalam kerjasama pembangunan internasional. Kerjasama Selatan Selatan sendiri, memiliki sejarah panjang dan telah berkontribusi dalam pembangunan internasional setengah abad lamanya. Indonesia sendiri aktif terlibat dalam KSST sejak Konfrensi Asia-Afrika (KAA) pertama pada tahun 1955, konfrensi ini menjadi titik awal dari pergerakan politik pembangunan bersama negara dunia ketiga untuk melakukan kerjasama internasional. Penguatan peran Indonesia di KSST lebih terlihat signifikan dengan masuknya dalam forum G20 dan perubahan status Indonesia sebagai “Middle Income Country” atau negara dengan pendapatan menengah, posisi indonesia saat ini tidak hanya sebagai negara penerima (recipient) tapi juga sebagai provider. Penelitian ini disusun untuk mengetahui bagaimana keanggotaan Indonesia di G20 mempengaruhi peran Indonesia dalam Kerjasama Selatan Selatan dan Triangular itu sendiri. Selain itu tulisan ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan dan tantangan Indonesia dalam mengiplementasikan KSST, serta bagaimana prospek Indonesia setelah Single Agency tersebut terbentuk dalam kerangka KSST. Diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat bagi semua pihak, khususnya bagi mahasiswa. Kata Kunci : Kerjasama Selatan Selatan dan Triangular (KSST), bantuan luar negeri, indonesia, single agency

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2017
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 13 Jun 2017 05:10
Last Modified: 13 Jun 2017 05:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27970

Actions (login required)

View Item View Item