PENGGUNAAN MEDIA KARTU GAMBAR DAN KATA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Cigondewah 1 Kota Bandung dalam Materi Penggolongan Hewan)

DIAN SANTIKAWATI, 075060056 (2016) PENGGUNAAN MEDIA KARTU GAMBAR DAN KATA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Cigondewah 1 Kota Bandung dalam Materi Penggolongan Hewan). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
cover.docx

Download (23kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
PERNYATAAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (25kB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Penggunaan Media Kartu Gambar dan Kata untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa pada Pembelajaran IPA” bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dengan menggunakan media kartu gambar dan kata pada pembelajaran IPA pada materi Penggolongan Hewan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas siswa dalam belajar di kelas. Hal tersebut disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang dilakukan hanya dengan menjadikan guru sebagai pusat pembelajaran Teacher Center Learning (TCL), siswa hanya diperlakukan sebagai objek yang duduk manis memperhatikan guru yang sedang menerangkan. Hal ini memberikan gambaran bahwa sebagai guru selain harus mentransfer ilmu kepada siswa juga harus membuat suasana pembelajaran menjadi aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan sehingga pembelajaran dapat lebih bermakna bagi siswa. Upaya yang dilakukan guru untuk dapat meningkatkan aktivitas siswa adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik. Salah satu media pembelajarannya adalah dengan menggunakan Media Kartu Gambar dan Kata. Penelitian ini menggunakan metode Penelitin Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Cigondewah 1 dengan jumlah siswa 40, yaitu 26 orang putra, dan 14 orang putri. Instrumen yang digunakan diantaranya lembar observasi, tes, wawancara, dan angket. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa pembembelajaran dengan menggunakan media kartu gambar dan kata yang dilakukan selama 2 Siklus menunjukkan peningkatan aktivitas siswa pada setiap siklusnya. Peningkatan aktivitas siswa ini berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa yang juga mengalami peningkatan. Siswa juga menunjukkan sikap positif terhadap proses pembeljaran dengan menggunakan media kartu gambar dan kata ini. Dengan demikian pembelajaran ini dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru untuk melakukan proses pembelajaran di kelas. Kata kunci: Media Kartu Gambar dan Kata, Aktivitas Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 18 Nov 2016 03:17
Last Modified: 18 Nov 2016 03:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14054

Actions (login required)

View Item View Item