Nanda Soraya, 085060169 (2016) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD PADA KONSEP SIFAT WUJUD BENDA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
1. COVER.docx Download (25kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN PLAGIAT.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
3. PERSEMBAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.docx Download (14kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.docx Download (30kB) |
|
Text
@ BAB I.rtf Download (12MB) |
|
Text
@ BAB II.rtf Download (4MB) |
|
Text
@ BAB III.rtf Restricted to Repository staff only Download (706kB) |
|
Text
@ BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
|
Text
@ BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (17kB) |
|
Text
DATA RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
Abstract
Penelitian dengan judul “PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD PADA KONSEP SIFAT WUJUD BENDA” bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA tentang sifat wujud benda. Dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar IPA pada pokok bahasan sifat wujud benda. Hal ini ditandai nilai siswa yang masih mencapai 60 belum memenuhi KKM yaitu 65. Padahal target yang diharapkan adalah 100, hal itu disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu cara guru melaksanakan pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah sehingga siswa cenderung pasif. Desain penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi dan refleksi. Hasil menunjukan bahwa penerapan metode eksperimen pada pembelajaran IPA tentang sifat wujud benda menunjukan adanya peningkataan aktivitas dan hasil belajar siswa, terlihat siswa sangat senang dalam bekerja dalam kelompok dan aktif melakukan percobaan, demikian pula perolehan nilai siswa pada pembelajaran IPA pokok bahasan sifat wujud benda mengalami peningkatan. Pada siklus pertama presentase siswa yang mencapai KKM adalah 63,88%. Pada siklus kedua peningkatan nilai siswa yang mencapai KKM menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan sifat wujud benda. Beberapa saran yang hendak disampaikan antara lain: (1) guru diharapkan dapat menggunakan penerapan metode eksperimen pada pembelajaran IPA tintang sifat wujud benda untuk meningkatkan hasil belajar siswa. (2) guru perlu mengkaji model pembelajaran menggunakan penerapan metode Eksperimen tersebut dan merencanakan persiapan-persiapan dengan teliti, serta menyesuaikan dengan kondisi siswa ataupun kondisi kelas. Kata Kunci: Metode Eksperimen, Meningkatkan Hasil Belajar, IPA, Sifat Wujud Benda.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 04 Nov 2016 18:43 |
Last Modified: | 04 Nov 2016 18:43 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14008 |
Actions (login required)
View Item |