DEAWATI, 085060035 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas V SDN Rancabolang 3 Jalan Rancabolang Indah No 1 Kelurahan Majahlega Kec. Rancasari Kota Bandung Pada Materi Tokoh-Tokoh Sejarah Pada Masa Kerajaan Hindu-Budha dan Islam di Indonesia). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
1. COVER SKRIPSI.docx Download (51kB) |
|
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.docx Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
4. MOTTO.docx Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.docx Download (15kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.docx Download (24kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (32kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (280kB) |
|
Text
BAB III new.rtf Restricted to Repository staff only Download (978kB) |
|
Text
BAB IV.rtf Restricted to Repository staff only Download (43MB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (17kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP 1.docx Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa pada suatu konsep, karena dalam proses pembelajaran siswa cenderung menonjolkan hafalan, dalam pembelajaran siswa jarang untuk saling berbagi ide, kurangnya semangat kerjasama dan siswa kurang termotivasi dalam pembelajaran. Rendahnya pemahaman konsep yang terjadi salah satunya dikarenakan faktor guru yang masih menggunakan metode konvensional tanpa menggunakan model atau teknik pembelajaran sehingga siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini betujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPS pada materi tokoh-tokoh sejarah pada masa kerajaan hindu budha dan islam di indonesia. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan model pembelajaran yang bervariatif dan melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini menggunakan model Kooperatif tipe numbered heads together dalam pembelajaran IPS. Metode penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung dalam III siklus. Proses penelitian yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti sebagai mitra penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Rancabolang 03 Kecamatan Rancasari Kota Bandung berjumlah sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, angket, dan penilaian dokumen RPP. Jenis data pada penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep pada setiap siklusnya, jika dilihat dari hasil belajar pada sisklus I nilai rata-rata mencapai 70% dengan jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 24 siswa (75%). Pada siklus II 75,31% dengan 30 (94%) siswa mencapai nilai KKM. Sedangkan pada siklus III semua siswa telah mencapai nilai KKM dengan nilai rata-rata siswa mencapai 85,34%. Selain dilihat dari peningkatan hasil belajar, peningkatan pemahaman konsep dapat dilihat berdasarkan peningkatan hasil observasi siswa yang meliputi nilai karakter dan nilai aspek afektif dan psikomotor pada setiap siklusnya mengalami peningkatan dan memiliki kategori baik. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatakan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPS. Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe NHT, Pemahaman konsep, Pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 04 Nov 2016 18:29 |
Last Modified: | 04 Nov 2016 18:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14006 |
Actions (login required)
View Item |