PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG MENGHARGAI JASA PAHLAWAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN Purwamekar)

BAYU RAHMADANI, 085060142 (2016) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG MENGHARGAI JASA PAHLAWAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN Purwamekar). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. cover skripsi.docx

Download (24kB)
[img] Text
3. lembar pengesahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
4. pernyataan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (50kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
12. Daftar Fustaka.docx

Download (19kB)
[img] Text
13. RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperbaiki pembelajaran IPS di Sekolah Dasar khususnya di kelas V pada materi Proklamasi kemerdekaan republik Indonesia dengan menggunakan media Audio Visual. Peneltian ini dilatarbelakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi di kelas V SDN Purwamekar yang menggambarkan hasil prestasi belajar yang belum memenuhi KKM yang ditetapkan. Penelitian Tindakan kelas ini berlangsung dalam 3 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan dan observasi, evaluasi dan analisis serta refleksi. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media Audio Visual. Instrumen yang digunakan dalam peneltian ini adalah tes, lembar observasi keterlaksanaan RPP, pelaksanaan pembelajaran, aktivitas pendidik, aktivitas peserta didik dan angket. Hasil penelitian yang diperoleh adalah adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus I dengan materi Proklamasi kemerdekaan republik Indonesia, peserta didik berhasil meraih persentase keberhasilan sebesar 64.86%. Pada tindakan siklus 2 yang merupakan perbaikan dari hasil belajar pada siklus 1 dengan materi Proklamasi kemerdekaan republik Indonesia, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan menjadi 70.27%. Pada siklus ke 3 yang merupakan perbaikan dari hasil belajar pada siklus 2 dengan materi Proklamasi kemerdekaan republik Indonesia, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan menjadi 86.46%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS tentang menghargai jasa pahlawan. Dengan demikian penggunaan media Audio Visual dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS. Kata Kunci : Media Pembelajaran Audio Visual, hasil belajar IPS

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 04 Nov 2016 14:45
Last Modified: 04 Nov 2016 14:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13995

Actions (login required)

View Item View Item