BAYU RAHMADANI, 085060142 (2016) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG MENGHARGAI JASA PAHLAWAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN Purwamekar). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
1. cover skripsi.docx Download (24kB) |
|
Text
3. lembar pengesahan.docx Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
4. pernyataan.docx Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.docx Download (14kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.docx Download (19kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (41kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (50kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
12. Daftar Fustaka.docx Download (19kB) |
|
Text
13. RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperbaiki pembelajaran IPS di Sekolah Dasar khususnya di kelas V pada materi Proklamasi kemerdekaan republik Indonesia dengan menggunakan media Audio Visual. Peneltian ini dilatarbelakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi di kelas V SDN Purwamekar yang menggambarkan hasil prestasi belajar yang belum memenuhi KKM yang ditetapkan. Penelitian Tindakan kelas ini berlangsung dalam 3 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan dan observasi, evaluasi dan analisis serta refleksi. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media Audio Visual. Instrumen yang digunakan dalam peneltian ini adalah tes, lembar observasi keterlaksanaan RPP, pelaksanaan pembelajaran, aktivitas pendidik, aktivitas peserta didik dan angket. Hasil penelitian yang diperoleh adalah adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus I dengan materi Proklamasi kemerdekaan republik Indonesia, peserta didik berhasil meraih persentase keberhasilan sebesar 64.86%. Pada tindakan siklus 2 yang merupakan perbaikan dari hasil belajar pada siklus 1 dengan materi Proklamasi kemerdekaan republik Indonesia, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan menjadi 70.27%. Pada siklus ke 3 yang merupakan perbaikan dari hasil belajar pada siklus 2 dengan materi Proklamasi kemerdekaan republik Indonesia, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan menjadi 86.46%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS tentang menghargai jasa pahlawan. Dengan demikian penggunaan media Audio Visual dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS. Kata Kunci : Media Pembelajaran Audio Visual, hasil belajar IPS
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 04 Nov 2016 14:45 |
Last Modified: | 04 Nov 2016 14:45 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13995 |
Actions (login required)
View Item |