PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KONSEP STRUKTUR TUMBUHAN DAN FUNGSINYA (Penelitian Tindakan Kelas pada Pelajaran IPA di Kelas IV SDN Magung IV Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung)

GINA PUSPITAWATI, 085060093 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KONSEP STRUKTUR TUMBUHAN DAN FUNGSINYA (Penelitian Tindakan Kelas pada Pelajaran IPA di Kelas IV SDN Magung IV Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (43kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (51kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (25kB)

Abstract

Penelitian dengan judul pengunaan model pembelajaran teknik think-pair-share untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA konsep Stuktur tumbuhan dan fungsinya bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dilatangbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Magung IV dalam pelajaran IPA. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata yang belum memenuhi nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rendahnya hasil belajar siswa tidak terlepas dari rendahnya keterlibatan siswa selama proses pembelajaran, dari hasil wawancara terhadap guru kelas di SDN Magung IV diketahui bahwa pemahaman siswa pada konsep-konsep pembelajaran IPA masih rendah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih menggunakan metode yang konvensional (teacher center) dan kurang melibatkan siswa dalam pembejaran. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif teknik think-pair-share berpengaruh terhadap hasil belajar siswa secara signifikan pada konsep Struktur Tumbuhan dan Fungsinya. Hal ini dapat ditunjukan dengan adanya peningkatan dari siklus I dan II terlihat dari hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif teknik think-pair-sahre. Pada siklus I dari hasil tes siswa memperoleh skor dengan persentase rata-rata 53,57%, pada pada siklus II memperoleh skor dengan persentase rata-rata 92,85%. Hal ini dikarenakan pada model pembelajaran think-pair-sahre siswa diberikan kesempatan untuk bekerja sendiri serta bekerja sama dengan orang lain sehingga terjadi pengoptimalisasian partisipasi siswa dalam pembelajaran, interaksi yang terjadi selama pembelajaran dapat memberikan rangsangan untuk berpikir sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa pada konsep tersebut dan meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik think-pair-share dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif teknik think-pair-share, hasil belajar, pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 27 Oct 2016 13:23
Last Modified: 27 Oct 2016 13:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13923

Actions (login required)

View Item View Item