FENOMENA FANATISME CHELSEA INDONESIA SUPORTER CLUB REGIONAL KUNINGAN Studi Fenomenologi Pada Chelsea Indonesia Suporter Club Regional Kuningan, Jawa Barat

Evan Tri Fadlilah, 122050095 (2016) FENOMENA FANATISME CHELSEA INDONESIA SUPORTER CLUB REGIONAL KUNINGAN Studi Fenomenologi Pada Chelsea Indonesia Suporter Club Regional Kuningan, Jawa Barat. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
1. COVER.docx

Download (86kB)
[img] Text
5. ABSTRAK FIX.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB I FIX.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB II FIX.docx

Download (55kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA FIX.docx

Download (19kB)

Abstract

RINGKASAN Penelitian ini berjudul “Fenomena Fanatisme Chelsea Indonesia Suporter Club (CISC) Regional Kuningan” . Ini untuk mengetahui fenomena fanatisme yang terjadi di komunitas CISC Regional Kuningan. Tujuan dan kegunaan ini selain untuk mengetahui fenomena fanatisme Chelsea Indonesia Supporter Club Regional Kuningan, juga untuk mengetahui bagaimana CISC Kuningan memaknai fanatisme, motif mereka mendukung Chelsea FC, serta interaksi yang terjadi diantara sesama anggota CISC Kuningan. Metode penelitian yang digunakan adalah fenomenologi, dengan tipe penelitian yang bersifat kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan dan studi lapangan yaitu observasi lapangan (field obersvation) dan wawancara mendalam (depth interview). Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa pemaknaan fanatisme dari informan yaitu CISC Kuningan berbeda-beda namun secara garis besar mereka memaknai fanatisme dengan dukungan dengan sepenuh hati kepada klub idola mereka dan di aplikasikan dalam tindakan yang positif. Kemudian motif informan dalam mendukung Chelsea FC karena faktor kesuksesan klub, faktor pemain dan pelatih idola mereka serta faktor lingkungan dan keluarga. Sementara itu interaksi yang terjadi diantara anggota lebih banyak terjadi melalui media sosial karena melalui media sosial mereka menjadi lebih mudah berkomunikasi dan berinteraksi ditengah kesibukan yang dialami oleh para anggotanya. Saran yang dapat peneliti sampaikan bagi CISC Kuningan adalah agar tidak melakukan sikap atau perilaku negatif yang dapat merugikan diri sendiri, komunitas, maupun masyarakat umum serta lebih menunjukan sikap fanatiknya secara positif agar menjadi contoh bagi komunitas fans sepakbola lain yang ada di Kuningan dan agar tidak ada lagi stigma negatif masyarakat terhadap fans klub sepakbola.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2016
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 30 Sep 2016 14:14
Last Modified: 30 Sep 2016 14:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13403

Actions (login required)

View Item View Item