IMPLIKASI STRATEGI CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN DAMPAKNYA TERHADAP MATHEMATICS ANXIETY SISWA SMP

MELLAWATY, NPM. 138060002 (2015) IMPLIKASI STRATEGI CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN DAMPAKNYA TERHADAP MATHEMATICS ANXIETY SISWA SMP. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
COVER TESIS.rtf

Download (187kB)
[img] Text
ABSTRAK mella.rtf

Download (70kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.rtf

Download (85kB)
[img] Text
BAB 1.rtf

Download (171kB)
[img] Text
BAB 2.rtf

Download (365kB)

Abstract

Rendahnya kemampuan representasi matematis dan terlihatnya kecemasan matematika siswa SMP Nusantara Bandung merupakan permasalahan yang menuntut pendidik untuk dapat menciptakan dan menerapkan suatu strategi baru dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan metode campuran (Mixed Method) tipe Embedded Desain dengan jenis Embedded experimental model dengan desain penelitian berbentuk pretes-postes control grup design. Tujuan penelitian ini untuk melakukan studi yang berfokus pada penggunaan strategi Creative Problem Solving (CPS) yang diduga dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis dan dampaknya terhadap kecemasan matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Nusantara Bandung. Pemilihan sampel dilakukan dari populasinya secara purposif (purposive sampling) yaitu kelas VII A yang diberi perlakuan dengan strategi CPS dan VII B dengan pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan representasi matematis, angket kecemasan matematika, lembar observasi, dan wawancara. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa laki-laki dan perempuan yang memperoleh strategi CPS sama dengan siswa laki-laki dan perempuan yang memperoleh pembelajaran ekspositori, (2) Siswa laki-laki dengan perempuan yang menggunakan strategi CPS mempunyai kecemasan matematika (Mathematics Anxiety) yang berbeda, siswa perempuan yang menggunakan strategi CPS mempunyai Mathematics Anxiety yang berbeda dengan siswa laki-laki yang menggunakan pembelajaran ekspositori, (3) Terdapat pengaruh negatif kemampuan representasi matematis terhadap kecemasan matematika dari kategori jenis kelamin siswa, (4) Guru terbiasa menggunakan strategi CPS dari pertemuan ketiga dan aktivitas siswa dalam mengikuti proses CPS rata-ratanya naik dari kriteria sedikit sampai menjadi banyak. Hasil respon siswa menunjukan bahwa strategi CPS lebih menarik dan lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori. Kata kunci: Creative Problem Solving (CPS), kemampuan representasi matematis, Mathematics Anxiety.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2015
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 28 Sep 2016 13:37
Last Modified: 28 Sep 2016 13:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13136

Actions (login required)

View Item View Item