PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMP (Penelitian di SMP Negeri 22 Bandung Tahun Pelajaran 2014/2015 )

MAMAH SUKMALIAH, NPM. 13806001 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMP (Penelitian di SMP Negeri 22 Bandung Tahun Pelajaran 2014/2015 ). Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (28kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (67kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya kenyataan di lapangan (siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Bandung) yang menunjukkan kemampuan komunikasi matematis siswanya rendah, yang dapat dilihat dari rendahnya nilai hasil ulangan harian pada materi lingkaran yang selalu di bawah nilai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan komunikasi matematis siswa setelah pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E dan juga mengkaji sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan Penelitian Tindakan Kelas, tahun ajaran 2014/2015 dengan subjek kelas VIII di SMP Negeri 22 Bandung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa instrumen, baik instrumen tes, lembar observasi dan hasil angket. Hasil dari penelitian ini diantaranya menyimpulkan bahwa (1) pembelajaran dengan menggunakan model learning cycle 5E pada pokok bahasan lingkaran dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis; (2) Aktivitas siswa yang memperoleh pembelajaran learning cycle 5E lebih baik daripada aktivitas siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori; (3) kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran learning cycle 5E secara signifikan lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori: (4) sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model learning cycle 5E adalah positif. Oleh karena itu, pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci : Model Pembelajaran learning cycle 5E, Komunikasi Matematis Siswa, Aktivitas Belajar Siswa,

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2015
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 29 Aug 2016 15:13
Last Modified: 29 Aug 2016 15:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9572

Actions (login required)

View Item View Item