Novrizal, 095060234 (2016) PENERAPAN METODE KARYAWISATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IV SDN MELONG ASIH 7 CIMAHI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
Caver skripsi versi Bu Panca pem.1.docx Download (123kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan Skripsi Yovhie 4jan.docx Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
Motto buat skripsi yovhie 4 jan.docx Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
Surat Pernyataan yovhie.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
ABSTRAKSI versi bu PANCA 4 januari.docx Download (19kB) |
|
Text
Kata Pengantar Skripsi yovhie huruf kecil.docx Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
Text
Ucapan Terima Kasih yp.docx Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (35kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (38kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
|
Text
BAB IV Yovie.docx Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (17kB) |
Abstract
Belajar merupakan suatu proses yang menyatukan kognitif, emosional, pengarug lingkungan dan pengalaman untuk memperoleh dan meningkatkan pengetahuan. Maka dari itu dalam kegiatan pembelajaran siswa harus terlibat aktif mengikuti kegiatan pembelajaran, agar siswa dapat memahami. Tetapi pada saat di lapangan dalam kegiatan pembelajaran bahasa indonesia guru hanya menyampaikan materi dengan cara membacakan materi saja, tanpa melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran bahasa indonesia dan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran cenderung pasif. Sehingga proses pembelajaran menjadi kaku, monoton, kurang mendukung pengembangan pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa sehingga siswa tidak termotivasi untuk belajar Bahasa Indonesia dan siswa cenderung bosan. Hal ini yang menjadi pokok permasalahan penulis dalam penulisan skripsinya, sehingga bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Melong Asih 7 Cimahi dan mengetahui keefektifan penerapan metode karyawisata dalam hal meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Akar permasalahannya: (1) Apakah metode karyawisata dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam topik menulis karangan deskripsi; (2) Efektifkah penerapan metode karyawisata dalam hal meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan deskripsi. Penelitian ini bermanfaat untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil peneitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Metode Karyawisata kreativitas siswa dalam pembelajaran bahasa indonesia meningkat, yakni upaya menganalisis untuk menemukan kelemahan-kelemahan dalam proses pembelajaran yang dilakukannya, kemudian merencanakan untuk proses perbaikan serta mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran sesuai dengan proses pembelajaran yang telah disusunnya dan diakhiri melalui refleksi. Dari penelitian yang dilakukan terhadap penggunaan metode karyawisata untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi didapatkan hasil rata-rata nilai 21.14 pada siklus I dan rata-rata nilai pada siklus II adalah 79.87. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa,, metode karyawisata dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi dalam pembelajaran bahasa indonesia kelas IV SDN Melong Asih 7 Cimahi pada materi menulis karangan deskripsi. Kata Kunci : Metode Karyawisata, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pembelajaran Bahasa Indonesia dalam menulis karangan deskripsi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 18:07 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 18:07 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9235 |
Actions (login required)
View Item |