PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN

IRMA WIJAYA PUTRI, 115060067 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
cover.docx

Download (47kB)
[img] Text
surat pernyataan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
abstrak indo inggris ima.docx

Download (20kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR ISI revisi III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
BAB 1 REVISI II.doc

Download (84kB)
[img] Text
BAB II revisi jadi - Copy.docx

Download (74kB)
[img] Text
BAB III revisi - Copy.docx
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] Text
BAB IV IRMA WIJAYA PA AZIS.docx
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] Text
BAB V revisi.doc
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (19kB)

Abstract

Penelitian ini berisi tentang penerapan model inkuiri terbimbing yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Astakrama Desa Cikoneng Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung pada pembelajaran PKn materi Sistem Pemerintahan Desa dan Kecamatan. Yang dihadapi pada pembelajaran ini adalah pembelajaran yang disajikan oleh guru masih menggunakan model pembelajaran klasikal dimana proses pembelajarannya hanya berpusat pada guru (teacher centered) tanpa melibatkan siswa sehingga motivasi dan kemampuan untuk mengembangkan intelektual dan berpikir siswa belum tercapai. Model Inkuiri Terbimbing berguna untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas, yang rancangan metode penelitiannya mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart (Arikunto, 2008: 105). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi. Berdasarkan pelaksanaan tindakan yang dilakukan sebanyak dua siklus, secara keseluruhan telah menunjukan adanya peningkatan dari data awal proses pembelajaran. Data yang diperoleh pada rencana pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh nilai 3,4, dan siklus II 3,8. Sedangkan untuk pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh 3,5, dan siklus II 3,8. Adapun nilai hasil pemahaman konsep memperoleh presentase siklus I 35%, dan siklus II 87%. Untuk hasil belajar yang terdiri dari hasil afektif, kognitif dan psikomotor memperoleh presentase siklus I 35. %, dan siklus II 87%. Data hasil kelompok memperoleh presentase siklus I 71%, dan siklus II 83%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Astakrama Desa Cikoneng Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung pada pembelajaran PKn. Kata Kunci : Model Inkuiri Terbimbing, Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 15 Aug 2016 15:43
Last Modified: 15 Aug 2016 15:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9100

Actions (login required)

View Item View Item