PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA KONSEP SIFAT-SIFAT BENDA

EMMA FAUZIAH SALHA, 115060278 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA KONSEP SIFAT-SIFAT BENDA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.docx

Download (36kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN MANTAP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMAKASIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
ABSTRAC ENGLISH.docx

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] Text
BAB I .docx

Download (45kB)
[img] Text
BAB II .docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] Text
BAB IV .docx
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas IVB terhadap pembelajaran IPA tentang materi sifat-sifat benda yang dilatar belakangi oleh masih rendahnya partisipasi dan hasil belajar siswa terhadap materi pembelajaran tersebut. Desain penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari II siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa yang terlihat dari hasil belajar menunjukkan peningkatan di setiap tes. Hasil pretes menunjukan siswa yang mencapai nilai KKM hanya berjumlah sebesar 42,86%, sedangkan hasil postes siklus I menunjukan peningkatan 65,71%. Hasil postes siklus I menunjukkan peningkatan berjumlah sebesar 22,85% dari tes awal (pretes). Hasil postes siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan, pada siklus II siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 91,42%, terjadi peningkatan sebesar 25,71% dari hasil postes siklus I. Sedangkan untuk hasil penilaian partisipasi siswa yang menyatakan dirinya berpartisipasi dalam belajar pada siklus I yaitu 83,43%. Pada siklus II 96,57% siswa menyatakan dirinya berpartisipasi dalam belajar. Artinya adanya peningkatan sikap partisipasi yang dirasakan oleh siswa sendiri setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajan Discovery Learning.sementara aktivitas siswa terhadap pembelajaran terlihat efektif, hal tersebut terlihat dari keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, siswa berperan aktif dalam diskusi dan penggunaan media pembelajaran. Respon siswa terhadap pembelajaran sangat positif, siswa bersemangat dan merasa senang dalam pembelajaran dan mampu menguasai kelas. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian adalah peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa dari hasil pretes sampai pelaksanaan postes siklus I dan postes siklus II menunjukan peningkatan yang baik, hasil pelaksanaan postes siklus II menunjukkan siswa yang mencapai KKM sebanyak 91,42%, hal tersebut melebihi target yang ditentukan penulis yaitu 80%. Selain itu aktivitas siswa dalam pembelajaran menjadi meningkat, hal tersebut terjadi karena siswa yang ikut berperan aktif dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Discovery Learning, Partisipasi, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 12 Aug 2016 20:11
Last Modified: 12 Aug 2016 20:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8828

Actions (login required)

View Item View Item