Gunawan Nabila Putri, 205030079 (2024) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN BERORIENTASI PADA UNSUR PEMBANGUN MENGGUNAKAN METODE BRAINWRITING BERBANTUAN MEDIA FILM BISU PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRACT.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
8. RINGKESAN.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (332kB) | Preview |
|
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (614kB) |
||
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis teks ulasan. Faktor yang menyebabkan hal ini ialah kurangnya kepercayaan diri untuk menuangkan gagasan, ide, pikiran kedalam sebuah tulisan, serta ketidak efektifan metode pembelajaran yang digunakan pendidik. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil ide dan pemikiran peserta didik adalah metode brainwriting. Tujuan dari penelitan ini adalah sebaga berikut: 1) Mendeskripsikan kemampuan penulis dalam merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran menulis teks ulasan berorientasi pada unsur pembangun menggunakan metode brainwriting berbantuan media film bisu. 2) Mengukur kemampuan peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran menulis teks ulasan berorientasi pada unsur pembangun menggunakan metode brainwriting berbantuan media film bisu. 3) Membandingkan kemampuan peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam pembelajaran menulis teks ulasan berorientasi pada unsur pembangun menggunakan metode brainwriting berbantuan media film bisu. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi dengan rancangan tes awal dan tes akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik meningkat dalam pembelajaran menulis teks ulasan yang berorientasi pada unsur pembangun. Terdapat peningkatan rata-rata pretes dari 26,5 menjadi 91,4 pada pretes kelas eksperimen. Terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai ratarata postes kelas eksperimen sebesar 91,4 sedangkan kelas kontrol sebesar 44,1. Kata Kunci : Menulis, Brainwriting, Teks Ulasan, Film Bisu.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 06:30 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 06:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70533 |
Actions (login required)
View Item |