EVI FITRIANI, 115060284 (2016) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA BENDA-BENDA DI LINGKUNGAN SEKITAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
Cover.docx Download (26kB) |
|
Text
BAGIAN AWAL.docx Download (43kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (20kB) |
|
Text
BAB I lanjutan.docx Download (57kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (18kB) |
|
Text
BAB II lanjutan.docx Download (312kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
BAB III lanjutan.docx Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
BAB IV lanjutan.docx Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
BAB V lanjutan.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri dan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Tema Benda-Benda Di Lingkungan Sekitar” dilatar belakangi karena adanya permasalahan di lapangan mengenai prestasi belajar peserta didik yang sebagian besar belum mencapai ketuntasan minimum serta kurangnya penerapan sikap percaya diri peserta didik selama proses pembelajaran. Hal ini terjadi karena peserta didik yang tidak terlatih untuk mengembangkan sikap dan belajar mandiri sehingga keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran pun sangat minim. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengadaptasi model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tindakan diantaranya perencanaan, pelaksanaan, analisis dan refleksi. Adapun hasil penelitian dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada siklus I menunjukkan sikap percaya diri peserta didik mencapai nilai rata-rata 3,15 dan prestasi belajar peserta didik mencapai ketuntasan 63,1% dengan kategori cukup baik. Sedangkan pada siklus II sikap percaya diri peserta didik mencapai nilai rata-rata 3,4 dan prestasi belajar peserta didik mencapai ketuntasan 94,7% dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata sikap percaya diri peserta didik pada siklus II sebesar 0,25 dan prestasi belajar peserta didik mengalami peningkatan ketuntasan sebesar 31,6%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan sikap percaya diri dan prestasi belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Parakanmanggu pada tema benda-benda di lingkungan sekitar. Dengan demikian, model problem based learning (PBL) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik. Kata kunci: model problem based learning, sikap percaya diri, prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 18:01 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 18:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7001 |
Actions (login required)
View Item |