RAHMAWATY DIANA JESICHA, 205030104 (2024) PENERAPAN METODE AKROSTIK BERBANTUAN MEDIA WIZER.ME DALAM KEMAMPUAN MENULIS PUISI BERORIENTASI PADA PEMAHAMAN MAKNA PUISI SISWA KELAS X SMK PASUNDAN 3 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan dan Penguji.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstract.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
8. Ringkesan.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (343kB) | Preview |
|
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
||
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
||
|
Text
15. Daftar Pustaka.pdf Download (221kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis puisi, hal ini disebabkan oleh sulitnya mengembangkan ide, menentukan kata pertama, menyusun diksi, dan penggunaan metode pembelajaran yang kurang kreatif oleh pendidik. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas peserta didik adalah metode akrostik. Tujuan penelitian ini, yaitu; 1) menilai kemampuan penulis dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran. 2) untuk mengetahui kondisi awal peserta didik dalam kemampuan menulis puisi. 3) perbedaan kemampuan peserta didik menggunakan metode akrostik berbantuan media wizer.me dengan metode konvensional pada pembelajaran menulis puisi. 4) keefektifan metode akrostik berbantuan media wizer.me dalam kemampuan menulis puisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Adapun hasil penelitian, pada kondisi awal, peserta didik belum mampu menulis puisi berorientasi pada pemahaman makna puisi hal itu dibuktikan dengan perolehan nilai pretest peserta didik masih di bawah KKTP, terdapat perbedaan dan peningkatan kemampuan peserta didik menggunakan metode akrostik berbantuan media wizer.me dibandingkan metode konvensional hal itu dibuktikan dengan perolehan nilai pretes dan postes peserta didik, nilai pretes dan postes kelas eksperimen adalah 69,32 menjadi 84.00 sedangkan perolehan nilai pretes dan postes kelas kontrol adalah 66,48 menjadi 67,04. Dengan demikian, penerapan metode akrostik berbantuan media wizer.me dalam kemampuan menulis puisi berorientasi pada pemahaman makna puisi efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi. Kata kunci: Menulis, Teks Puisi, Metode Akrostik, Media Wizer.me.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 03:32 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 03:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69676 |
Actions (login required)
View Item |