PENERAPAN METODE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS BERBANTUAN MEDIA PUZZLE MAKER DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI BERORIENTASI KAIDAH KEBAHASAAN PADA SISWA KELAS X SMAS KEMALA BHAYANGKARI

ANJANI, NADIRA FIKA,205030074 (2024) PENERAPAN METODE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS BERBANTUAN MEDIA PUZZLE MAKER DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI BERORIENTASI KAIDAH KEBAHASAAN PADA SISWA KELAS X SMAS KEMALA BHAYANGKARI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan dan Penguji.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstract.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Ringkesan.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img]
Preview
Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis teks eksposisi. Hal ini disebabkan menulis dianggap sebagai keterampilan yang sulit, peserta didik sulit dalam menggembangkan ide dan gagasan, kemampuan peserta didik dalam wawasan kosa kata yang rendah, pembelajaran menulis teks eskposisi cenderung merasa jenuh dan penggunaan metode pembelajaran yang monoton tanpa diiringi dengan media. Salah satu metode yang menumbuhkan peserta didik aktif dalam aktivitas saling bekerja sama dan saling memotivasi untuk lebih meningkatkan keberhasilan yaitu metode student teams achievement divisions. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui : kemampuan penulis dalam melaksanakan pembelajaran menulis teks eksposisi menggunakan metode student teams achievement divisions berbantuan media puzzle maker, kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis teks eksposisi pada siswa ebelum diterapkan menggunakan metode student teams achievement divisions berbantuan media puzzle maker, kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis teks eksposisi setelah diterapkan menggunakan metode student teams achievement divisions berbantuan media puzzle maker dan perbedaan kemampuan menulis teks eksposisi antara kelas eksperimen yang menggunakan metode student teams achievement divisions dan yang tidak menggunakan metode student teams achievement divisions berbantuan media puzzle maker. Metode penelitian yaitu menggunakan metode eskperimen dengan bentuk true experimental pretest-posttest control grup design. Adapun hasil penelitian yaitu : 1) penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis teks eksposisi menggunakan metode student teams achievement divisions berbantuan media puzzle maker dengan nilai 3,84. 2) kondisi peserta didik sebelum diberi perlakuan metode student teams achievement divions berbantuan media puzzle maker. 3) kondisi peserta didik setelah diberi perlakuan metode student teams achievement divions berbantuan media puzzle maker. 4) perbedaan kemampuan peserta didik sebelum dan sesudah diberi perlakuan metode student teams achievement divions berbantuan media puzzle maker. Kata kunci ; Menulis, Teks Eksposisi, Metode Student Teams Achievement Divisions, Media Puzzle Maker

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 24 Aug 2024 03:44
Last Modified: 24 Aug 2024 03:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69578

Actions (login required)

View Item View Item