PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SDN 210 BABAKAN SINYAR (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas IV di SDN 210 Babakan Sinyar)

NURALISA PUZI, 205060151 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SDN 210 BABAKAN SINYAR (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas IV di SDN 210 Babakan Sinyar). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan dan Penguji.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstract.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Ringkesan.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (381kB) | Preview
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img]
Preview
Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (253kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Dalam proses pembelajaran, hasil belajar yang diharapkan dapat tercapai oleh siswa dan penting diketahui oleh guru agar dapat merencanakan kegiatan belajar mengajar secara tepat. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Materi Bab 7 Bagiamana Mendapatkan Semua Kebutuham Kita?. Jenis penelitian menggunakan quasi experiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group. Subyek penelitian berjumlah sebanyak 50 siswa di salah satu SDN 210 Babakan Sinyar Kota Bandung. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan soal tes pilihan ganda. Keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa di kelas eksperimen secara keseluruhan mencapai kriteria sangat baik pada setiap pertemuan. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning. Hasil perhitungan uji effect size memperoleh nilai sebesar 1,66 dengan interpretasi kuat (besar). Dengan demikian, model Problem Based Learning memiliki pengaruh yang kuat (besar) terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa adanya pengaruh hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning. Hal ini dapat dilihat pada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang mana hasil belajar siswa di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Kata kunci : Model Problem Based Learning, Hasil Belajar Peserta Didik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:48
Last Modified: 09 Aug 2024 07:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69506

Actions (login required)

View Item View Item