PENERAPAN METODE FIELD TRIP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA TEMA LINGKUNGAN MATERI MENGIDENTIDIKASI CIRI-CIRI DAN KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP

RESI DESHARYANTI, 115060041 (2016) PENERAPAN METODE FIELD TRIP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA TEMA LINGKUNGAN MATERI MENGIDENTIDIKASI CIRI-CIRI DAN KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (38kB)
[img] Text
lembar pengesahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
abstrak.docx

Download (14kB)
[img] Text
abstrak inggris.docx

Download (14kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx

Download (13kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMAKASIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR ISI RESI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (78kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (21kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan meningktakan motivasi belajar siswa yang dimiliki dan prestasi belajar khususnya pada pembelajaran IPA materi mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendajnya nilai rata-rata pembelajaran yang dikarenakan kurangnya kesiapan guru dan rendahnya motivasi belajar siswa serta penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diimplementasikan suatu penelitian tindakan kelas (PTK) melalui penerapan metode pembelajaran Field Trip. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, dilaksanakan di SDN Bojongwaru I dengan jumlah siswa 32. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi dan prestasi yang dimiliki siswa yang bisa dilihat dari prestasi belajar, aktivitas siswa dan aktivitas guru. Hasil prestasi belajar siswa meningkat pada siklus I siswa yang mencapai nilai KKM adalah 62,5% pada siklus II terjadi peningkatan hasil siswa yang mencapai nilai KKM adalah 87,5%. Terjadinya peningkatan sebesar 25% dari jumlah keseluruhan siswa. Itu artinya penerapan metode pembelajaran Field Trip ini efektif digunakan pada meteri ini. Hasil aktivitas siswa menunjukkan peningkatan dan memiliki katogori baik. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran di luar kelas dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Diharapkan guru dapat mencoba dan menerapkan metode Field Trip pada pembelajaran lain. Kata Kunci: Pembelajaran IPA, Metode Field Trip, Motivasi, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 29 Jul 2016 14:11
Last Modified: 29 Jul 2016 14:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/6915

Actions (login required)

View Item View Item