PENGARUH MODEL ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA INDONESIA (Penelitian Quasi Experiment di Kelas III SDN 020 Lengkong Besar Kota Bandung)

Nursolihat, Erika Nabila, 195060136 (2023) PENGARUH MODEL ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA INDONESIA (Penelitian Quasi Experiment di Kelas III SDN 020 Lengkong Besar Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstract.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Ringkesan.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab I.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab II.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text
11. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
12. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
13. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (115kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan model Role Playing dalam keterampilan membaca Bahasa Indonesia karena peserta didik mengalami kesulitan dalam mengucapkan bacaan yang dibaca dan membaca dengan perasaan takut. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III-A sebagai kelas eksperimen dan kelas III-B sebagai kelas kontrol di SDN 020 Lengkong Besar Bandung. Jenis penelitian kuasi eksperimen dengan teknik pengumpulan data berupa pretes, postes serta teknik non-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dalam keterampilan membaca dengan rata-rata nilai postes sebesar 83,33 dan rata-rata nilai pretes sebesar 57,08, kedua terdapat perbedaan dari nilai postes yang lebih tinggi daripada nilai pretes dengan rata rata nilai postes sebesar 83,33 dan rata rata nilai pretes sebesar 57,08. Hasil tes keterampilan membaca dengan lima aspek yang di nilai yaitu, pertama keterampilan penggunaan ungkapan, kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata sebesar 91,6% dan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata sebesar 70,8% terdapat perbedaan yaitu sebesar 29,1%, kedua keterampilan menggunakan frasa, pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata sebesar 95,8% dan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata sebesar 58,3% terdapat perbedaan sebesar 37,5%, ketiga keterampilan menggunakan intonasi suara, pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata sebesar 87,5% dan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata sebesar 75% terdapat perbedaan sebesar 12,5%, keempat keterampilan menguasai puntuasi, pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata sebesar 83,3% dan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata sebesar 66,6% terdapat perbedaan terhadap sebesar 16,7%, kelima keterampilan membaca dengan jelas, pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata sebesar 95,8% dan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata sebesar 83,3% terdapat perbedaan sebesar 12,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model role playing efektif dalam keterampilan membaca Bahasa Indonesia peserta didik. Kata Kunci: Model Role Playing, Keterampilan Membaca, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 06 Oct 2023 08:46
Last Modified: 06 Oct 2023 08:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66893

Actions (login required)

View Item View Item