REPRESENTASI PEREMPUAN PADA LAGU BER-GENRE HIP-HOP (Studi Analisis Semiotika Teori Ronald Berthans)

Ridho, Muhammad (2023) REPRESENTASI PEREMPUAN PADA LAGU BER-GENRE HIP-HOP (Studi Analisis Semiotika Teori Ronald Berthans). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.docx

Download (15kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.doc

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI S.docx

Download (15kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.docx

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (27kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (58kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Representasi Perempuan Dalam Lagu Genre Hip-Hop” dengan objek utamanya adalah makna dari lagu genre hiphop tersebut yang banyak menuai kontroversi didalam nya namun ada juga manfaat yang dilihat dari tanda maupun penanda nya serta apa yang bisa kita ambil dalam genre tersebut. Berdasarkan uraian tersebut, peneliti bermaksud untuk melakukan penelitian representasi perempuan dalam musik genre hip hop, dengan menggunakan teori semiotika Barthes hampir secara harfiah diturunkan dari teori bahasa menurut de Saussure. Roland Barthes mengungkapkan bahwa bahasa merupakan sebuah sistem tanda yang mencerminkan asumsi-asumsi dari masyarakat tertentu dalam waktu tertentu. Aspek moralitas yang dimuat dalam lirik lagu rap “Shawty” patut untuk diperhatikan, hal ini mengingat bahwa musik rap dapat membawa pengaruh positif jika dimanfaatkan dalam lingkup edukasional karena dinilai puitis dan stimulatif karena lirik-lirik yang bersajak dalam musik rap dapat menstimulasi pola mendengarkan tertentu dari penikmat musik rap. Efek psikologis dan edukasional yang terkandung dalam musik rap sangat besar, sehingga disarankan menerapkan musik rap sebagai sarana inovatif dan potensial terkait isu-isu edukasi, program pengurangan resiko, serta konseling, Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan semiotika Roland Barthes yang berfokus bahwa setiap tanda memiliki dua tahap signifikansi. Signifikansi tahap pertama yaitu makna denotasi, sementara signifikansi tahap kedua yaitu makna konotasi dan mitos. Hasil dari penelitian yang berjudul “Representasi Perempuan Dalam Lagu Genre Hip-Hop” representasi perempuan secara konotasi menurut Roland Barthes dalam genre lagu hip hop yang berjudul Shawty dapat dilihat bahwa dalam lagu tersebut menggambarkan bahwa seorang lelaki seharusnya tidak melakukan perempuan dengan buruk namun lagu tersebut juga memberikan suatu gambaran mengenai kelemahan dari seorang wanita yakni perempuan sering mendapatkan posisi yang tidak menyenangkan. Bentuk representasi perempuan secara denotasi menurut Roland Barthes dalam genre lagu hip hop yang berjudul Shawty dapat dilihat dari kode-kode denotasi, yang mana pada intinya secara keseluruhan lagu ini memberikan bagaimana sebuah citra perempuan digambarkan, secara teriotap dimana dalam sebuah media, perempuan tidak akan terlepas dari sebuah citra. Bentuk representasi perempuan secara mitos menurut Roland Barthes dalam genre lagu hip hop yang berjudul Shawty dapat dilihat dari kata Shawty dan Animals dimana hal ini menunjukan kadang perempuan dapat disanjung dan diperlakukan dengan baik, namun terkadang perempuan dapat dianalogikan sebagai hewan yang menjadi buruan seorang lelaki hanya untuk menjadi pemuas hawa nafsu Kata Kunci : Lagu, Hip-Hop dan Perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 03 Oct 2023 07:41
Last Modified: 03 Oct 2023 07:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66558

Actions (login required)

View Item View Item