PERANCANGAN MEDIA EVENT “NGARIUNG NGARAH AKUR” MENGENAI ETIKA SOPAN SANTUN DALAM BERGAUL UNTUK REMAJA CIPANAS PALASARI CIANJUR DONI RAMDANI :196010039

DONI RAMDANI, : Drs. H. Agus Setiawan,. M.Sn (2023) PERANCANGAN MEDIA EVENT “NGARIUNG NGARAH AKUR” MENGENAI ETIKA SOPAN SANTUN DALAM BERGAUL UNTUK REMAJA CIPANAS PALASARI CIANJUR DONI RAMDANI :196010039. Skripsi(S1) thesis, Desain Komunikasi Visual.

[img] Text
COVER.docx

Download (36kB)
[img] Text
PERNYATAAN, LEMBAR PENGASAHAN, HALAMAN PENGESAHAN SELESAI.docx

Download (112kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (62kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Di Cianjur di Kp. Jl. Palasari saat tahun 2007 dibentuk komunitas hijrah, setelah diobservasi dari hasil yang didapat pada tahun 2007 dan seterusnya menjadi fenomena permasalahan di masyarakat adalah etika sopan santun mereka dalam bergaul yang disebabkan oleh faktor lingkungan pertemanan dan orang tua yang kurang mencontohkan etika yang baik. Karena di usia remaja 15-19 mereka lebih didominasi oleh lingkungan pertemanan karena masanya jauh dari orang tua, sehingga dibutuhkan komunikasi secara langsung. Remaja di Cipanas lebih suka ngobrol, ngariung. Maka dari itu penulis ingin memberikan pemahaman etika sopan santun untuk remaja Cipanas Palasari dengan membuat Event “Ngariung Ngarah Akur” tujuannya untuk memberikan pemahaman etika sopan santun yang baik dalam berteman di lingkungan sehari-hari, agar mereka bisa menerapkan etika yang lebih baik di kehidupan sehari-hari agar menjadi remaja yang lebih baik. Metode dalam penelitian ini menggunakan the design metode dengan proses Discovery, Planning, Creative dan Application hal tersebut dipadukan dengan tahapan perancangan Informatif, Persuasif, Reminder. Agar anak remaja Cipanas bisa menyaksikan langsung mendengarkan yang disampaikan oleh pemateri yang menjelaskan materi seputar etika sopan santun di lingkungan pertemanan. Lalu setelah mengikuti acara event mereka termotivasi, dan berperilaku lebih baik, dan sikap yang lebih baik dari sebelumnya. Media-media event yang dirancang seperti poster, video dan diadakan sharing agar tercipta pendekatan secara langsung dan membina suasana agar mereka nyaman mengikuti event tersebut. Untuk mengumpulkan data dengan observasi, wawancara, studi literatur, dan dokumentasi. Dengan adanya Media Event “Ngariung Ngarah Akur” ini sebagai media pembelajaran agar mereka lebih mengerti etika dan cara menerapkan perilaku yang baik. Diharapkan anak remaja Cipanas Palasari dapat menerapkan perilaku yang lebih baik dilingkungan tempat tinggalnya. Kata Kunci : Event Ngariung Ngarah Akur, Etika, Krisis Moralitas, Ngobrol.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Desain Komunikasi Visual 2023
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 03 Oct 2023 02:18
Last Modified: 03 Oct 2023 02:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66457

Actions (login required)

View Item View Item