PENERAPAN METODE DEBAT AKTIF DALAM PEMBELAJARAN TEKS DEBAT TERHADAP KREATIVITAS VERBAL PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA PASUNDAN 1 BANDUNG

BUDIANTO, LUTFI, 195030066 (2023) PENERAPAN METODE DEBAT AKTIF DALAM PEMBELAJARAN TEKS DEBAT TERHADAP KREATIVITAS VERBAL PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA PASUNDAN 1 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
A_COVER.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
B_LEMBAR PEMBIMBING.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
C_LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
G_ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
H_ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
I_ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
N_BAB I.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
O_BAB II.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text
P_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)
[img] Text
Q_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
R_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img]
Preview
Text
S_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif mengenai “Penerapan Metode Debat Aktif dalam Pembelajaran Teks Debat terhadap Kreativitas Verbal Peserta Didik Kelas X”. Kemampuan berbahasa di kalangan peserta didik SMP dan SMA penting adanya. Berbicara di dalam praktik debat dapat dikategorikan sebagai proses kreatif yang memerlukan keluwesan dalam penyampaian ide atau gagasan. Kemampuan berbahasa seseorang dalam pelaksanaannya dapat dilihat dari kemampuannya melihat hubungan atau makna kata pada kalimat serta mengonstruksi kalimat dengan efektif dan diungkapkan secara lisan. Sekaitan dengan hal tersebut kemampuan kreatif menggunakan bahasa lisan adalah dengan melakukan praktik debat. Penerapan praktik debat di dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kreativitas verbal peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa berdasarkan hasil uji Mann Whitney pada tabel statistik, diketahui nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Berdasarkan tabel test statistic, perolehan nilai Asymp. Sig pada kelas eksperimen bernilai 0.000, sedangkan kelas kontrol 0.064. Karena 0.000 < 0,005 maka disimpulkan, bahwa terdapat perbedaan hasil belajar (kreativitas verbal) peserta didik dalam pembelajaran teks debat sebelum dan sesudah diberikan treatment pada kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran debat aktif, dan karena 0.064 > 0.05 maka tidak terdapat perbedaan hasil belajar (kreativitas verbal) peserta didik dalam pembelajaran teks debat sebelum dan sesudah diberikan treatment pada kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran diskusi. Kata kunci: Kreativitas Verbal, Metode Debat Aktif, Pembelajaran Teks Debat

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 19 Sep 2023 06:11
Last Modified: 19 Sep 2023 06:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65123

Actions (login required)

View Item View Item